Diprediksi Ada 40 Ribu Pendatang Baru ke Jakarta

JagatBisnis.com –  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berharap nantinya para pendatang baru yang ingin mengadu nasib di Ibu Kota sesusai mudik Lebaran 2023 sudah memiliki pekerjaan di Jakarta.

“Mudah-mudahan yang datang semuanya sudah ada pekerjaan,” kata Heru Budi di Jakarta, dikutip Senin (24/4/2023).

Selain itu, mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menyebut Ibu Kota terbuka bagi siapa pun. Meskipun begitu, Heru menegaskan hadirnya para pendatang baru harus dikendalikan.

Baca Juga :   Pemudik Diimbau Jika Balik ke Jakarta Menyesuaikan Tanggal Ganjil Genap

“Jakarta memang tetap terbuka, tapi tetap harus terkendali ya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan nantinya tidak akan ada operasi yustisi. Namun, Pemprov DKI melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan pendataan kependudukan terhadap para pendatang.

Baca Juga :   Jasa Marga: Hindari Puncak Arus Balik Tanggal 6-8 Mei

“Nanti Dinas Dukcapil mendata saja supaya data-data kependudukan valid, mulai dari tinggalnya di mana, ada penjamin atau tidak dan ada pekerjaan atau tidak,” tutur Heru.

Sebagai informasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta memprediksi sebanyak 40.000 pendatang baru tiba di Ibu Kota pascamudik Idul Fitri 2023.

Baca Juga :   Urai Kemacetan di Puncak, Polres Bogor Terjunkan Ratusan Personel

“Untuk Lebaran 2023, diprediksi jumlah pendatang baru pasca-Lebaran akan bertambah sebanyak 20%-30% atau sekitar 36.000-40.000 pendatang,” kata Kepala Disdukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin melalui keterangannya, Minggu (16/4/2023). (tia)

MIXADVERT JASAPRO