20 Hari Pertama Ramadhan, Lebih 22 Juta Jemaah Ibadah di Masjidil Haram

JagatBisnis.comBulan Ramadhan 2023 telah memasuki 10 hari terakhir. Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syeikh Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais menyebutkan, dalam 20 hari pertama Ramadhan, ada lebih dari 22 juta jemaah yang masuk ke Masjidil Haram.

“Total jemaah pria dan wanita yang mengunjungi Masjidil Haram selama 20 hari pertama Ramadhan berjumlah lebih dari 22 juta orang,” kata Al-Sudais dikutip dari Saudi Press Agency, Jumat (14/4).

Al-Sudais menekankan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rencana dan strategi operasional untuk memudahkan ibadah di Masjidi Haram. Salah satunya dengan memberikan sejumlah fasilitas dan kemudahan layanan bagi jemaah untuk menjalankan ibadah dengan tenang.

Baca Juga :   Kloter Pertama Jamaah Haji akan Berangkat pada 24 Mei

“Serta memastikan ketersediaan sarana keselamatan di dalam masjid. Masjidil Haram berkomunikasi juga dengan otoritas terkait,” imbuhnya.

Baca Juga :   Tambahan Kuota Haji Indonesia Jadi Prioritas Pemerintah Arah Saudi

Di 10 hari terakhir Ramadhan 2023, jutaan jemaah dari berbagai bangsa berlomba-lomba menyambut datangnya malam tanggal ganjil yang diyakini sebagai masa datangnya lailatul qadar. Di 10 hari terakhir itu, Salat Tahajud mulai diadakan di Masjidil Haram pukul 00.30 waktu setempat atau 04.30 WIB, untuk menggantikan Salat Witir setelah Tarawih.

Baca Juga :   Perbedaan Karakter yang Harus Dipahami Calon Jemaah Haji Di Tanah Suci

Salat Tahajud 10 rakaat dan Witir itu diimami bergantian oleh Syeikh Bandar Baleela dan Syeikh As-Sudais. (tia)

MIXADVERT JASAPRO