Fenomena Pengobatan Ida Dayak, Begini Tanggapan IDI

JagatBisnis.comBeberapa waktu belakangan ini heboh pengobatan tradisional dari Ida Dayak. Disebutkan, Ida Dayak mampu mengobati berbagai penyakit, seperti patah tulang maupun tulang bengkok. Berkat kemampuannya itu, nama Ida Dayak pun viral dan trending di media sosial.

Terkait fenomena tersebut, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Adib Khumaidi, SpOT, mengakui, memang ada sebuah ekspektasi tinggi dari masyarakat untuk sembuh cepat. Hal itu yang mendasari masyarakat untuk berbondong-bondong memilih pengobatan Ida Dayak.

“Secara sosiologis pada saat dengan kondisi ada sebuah harapan dari masyarakat yang ingin cepat sembuh. Apalagi, pada kondisi-kondisi yang kronik illness atau mungkin terminal illness yang sudah berobat ke mana-mana dan tidak ada harapan. Maka, saya kira pengobatan ini menjadi sebuah pilihan buat masyarakat,” kata dr. Adib, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga :   Usai Dipecat IDI, Terawan Gabung PDSI

Terkait klaim bahwa pengobatan Ida Dayak mampu memberikan kesembuhan secara instan, dr. Adib tidak dapat memastikan apakah benar sembuh atau tidak. Menurutnya, harus dibuktikan dalam ilmu kedokteran, seperti melakukan pemeriksaan lanjutan yaitu rontgen.

Baca Juga :   IDI: Kalau Presiden Siap, Dokter Juga Siap Jadi Target Vaksin Pertama

“Sebagai dokter ortopedi, jika harus melihat kondisi pasien tersebut apakah benar baik harus diperiksa. Akan tetapi, dipastikan dalam fenomena pengobatan instan ini tentu berbeda dengan ilmu kedokteran atau medis. Jadi, saya tidak bisa katakan karena saya harus bertemu dengan pasien yang pernah berobat ke dia. Saya juga harus cek apakah setelah di-rontgen ada perbaikan. Karena di ilmu ortopedi ada perbaikan secara anatomis dan perbaikan secara fungsi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Beda Versi Kemenkes dan IDI Dalam Bermasker

Diketahui, Ida Dayak memiliki nama asli Ida Andriyani. Wanita yang kerap mengenakan pakaian khas Dayak ini lahir di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972. Dia dikenal publik karena kesaktiannya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam waktu singkat. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO