100 Ton Kurma Hadiah Raja Arab untuk Indonesia

JagatBisnis.com  –  Buah kurma yang khas dari negara Timur Tengah dan selalu di sajikan pada saat bulan Ramadhan selalu menjadi buruan para penikmat buah kurma dan beragam jenis kurma sudah mulai banyak di temui di pasar-pasar dari yang berharga miring hingga yang mahal ada semua.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud baru saja menghadiahkan 100 ton kurma kepada pemerintah Indonesia. Penyerahan kurma secara simbolis dilakukan oleh Duta Besar Arab Saudi Faisal bin Abdullah Al-Amudi kepada Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta pada Selasa, 4 April 2023 kemarin.

“Kami atas nama pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya atas hadiah yang diberikan oleh Raja Salman dalam bentuk Al-Qur’an dan kurma,” kata Wamenag Zainut dalam acara serah terima.

Baca Juga :   Makan 7 Kurma Ajwa Royal di Pagi Hari Dapat Terhindar dari Virus Covid-19

Rencananya, hadiah kurma tersebut bakal dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan lewat kantor wilayah Kemenag di daerah. Selanjutnya akan disalurkan kepada organisasi dan tokoh-tokoh keagamaan.

“Kami akan tasarufkan kepada seluruh pihak melalui kanwil-kanwil. Nanti kanwil akan meneruskan ke ormas dan tokoh-tokoh di daerah,” kata Wamenag dikutip dari Antara
Hadiah kurma yang diberikan Raja Salman pada Ramadhan 2023 kali ini bukanlah yang pertama kalinya. Setiap Ramadhan, Raja Salman selalu memberi hadiah untuk Indonesia, termasuk juga Ramadhan 2022 dan 2021 lalu.

Baca Juga :   Inilah 3 Ciri-ciri Kurma Sudah Tidak Layak Konsumsi

Pada Ramadhan 2022, Arab Saudi menghadiahi 1 ton kurma dan 3.000 eksemplar Al-Qur’an. Sedangkan di 2021 lalu, Indonesia menerima 3.000 paket sembako, 30.000 eksemplar Al-Qur’an, dan 15 ton kurma dari Raja Salman.

Selain 100 ton kurma dan Al-Qur’an, tahun ini pemerintah Arab Saudi juga sudah memberikan bantuan sembako melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Nilai sembako tersebut ditaksir sebesar Rp7 miliar dengan nilai hampir Rp1 juta per paket.

Sembako diberikan sebelum Ramadhan dan sudah dibagikan oleh Baznas kepada 6.687 penerima manfaat yang tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah. Ketua Baznas Noor Ahmad menjelaskan bahwa tahun ini bantuan diprioritaskan bagi penyintas bencana, keluarga rentan, pengemudi ojek online, dan keluarga miskin ekstrem.
Duta besar Arab Saudi menerangkan bahwa hadiah semacam ini merupakan bantuan tahunan Raja Salman kepada negara-negara sahabat. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dipandang sebagai mitra penting oleh Arab Saudi.

Baca Juga :   Aturan Konsumsi Kurma yang Tepat dan Aman untuk Penderita Diabetes

Wamenag berharap kerja sama yang terjalin antara kedua negara tak hanya terwujud pada bidang sosial keagamaan.

“Kami berharap kerja sama yang baik ini tidak hanya di bidang sosial keagamaan, tapi juga meningkatkan di bidang perdagangan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya,” ucap Zainut menyampaikan harapannya.(den)

MIXADVERT JASAPRO