Inilah 3 Ciri-ciri Kurma Sudah Tidak Layak Konsumsi

JagatBisnis.comAda beberapa ciri-ciri yang menunjukkan sudah tidak layak dikonsumsi. Kurma dapat dimakan segar, tetapi paling sering dikonsumsi setelah dikeringkan karena rasanya yang manis seperti permen.

Penelitian di Journal of Family & Community Medicine mengunngkapkan, kurma mengandung banyak gula yang menjadi lebih pekat setelah dikeringkan. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma biasanya digunakan untuk mempermanis kue, puding, dan bahkanresep salad. Tapi seperti produk buah atau sayuran lainnya, kurma memiliki tanggal kadaluarsa.

Sementara itu, Fruits & Veggies menegaskan, kurma segar yang dibeli harus diperiksa jamurnya. Namun umumnya, kurma segar bisa bertahan hingga enam bulan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap beku selama setahun penuh.

Baca Juga :   Kenali Gejala dan Pencegahan Kista Ovarium

Kurma kering dapat disimpan di dapur selama enam bulan, di lemari es dua kali lebih lama, dan dibekukan hingga tiga tahun. Kurma bertahan untuk waktu yang sangat lama ketika dikeringkan karena kekurangan air membuat kurma cenderung tidak berjamur.

Baca Juga :   Tips Pilih Dot yang Baik untuk Perkembangan Rahang Bayi dan Balita

Penting untuk mengetahui ciri-ciri kurma sudah tidak layak dikonsumsi. Berikut ulasannya dilansir dari Tasting Table, Minggu (2/4/2023).

1. Perubahan Warna
Kurma yang tidak layak dikonsumsi biasanya akan terjadi perubahan. Perubahan warna atau jamur tidak hanya di bagian luar, tetapi juga di bagian dalam buah.

Baca Juga :   Kemenkes dan MD Anderson Cancer Center Jalin Kerja Sama Atasi Kanker

2. Aroma Busuk
Gunakan indra penciuman Anda untuk mengetahui aroma kurma. Jika muncul aroma busuk yang kuat, sebaiknya segera buang buah ini dan jangan mengonsumsinya.

3. Muncul Serangga
Serangga akan muncul di kurma jika sudah tidak layak dikonsumsi. Seperti cacing karena rasa manis buah ini. Untuk menghindari menyantapnya, sebaiknya potong dan belah dua kurma. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO