Kenali Gejala dan Pencegahan Kista Ovarium

sakit karena kista ovarium

JagatBisnis.com – Bintang FTV Dinda Binar menempuh pembedahan pengangangkatan kista ovarium. Dinda memang diketahui sudah setahun mengalami kista ovarium. Kista ovarium merupakan penumpukan larutan ataupun materi setengah padat yang terletak dalam kantong kandungan.

Ovarium merupakan bagian dari sistem pembiakan perempuan. Mereka terdapat di perut bagian dasar di kedua bagian kandungan. Perempuan memiliki 2 ovarium yang menciptakan sel telur dan hormon estrogen dan progesteron.

Terkadang, kantong bermuatan larutan yang diucap kista akan bertumbuh di salah satu ovarium. Banyak perempuan akan meningkatkan paling tidak satu kista selama hidup mereka.

Diambil dari healthline, terdapat sebagian jenis kista ovarium, ialah kista dermoid dan kista endometrioma. Tetapi, kista fungsional merupakan jenis yang sangat biasa. 2 jenis kista fungsional termasuk kista folikel dan kista korpus luteum.

Kista folikel

Selama daur haid perempuan, sel telur berkembang di kantong yang diucap folikel. Kantong ini terdapat di dalam ovarium. Dalam mayoritas permasalahan, folikel ataupun kantong ini rusak dan membebaskan sel telur. Tetapi jika folikel tidak rusak, larutan di dalam folikel bisa membuat kista di ovarium.

Baca Juga :   Saat PTM, Bukan hanya Pendidikan tapi Kesehatan Fisik dan Mental Anak Juga Disiapkan

Kista korpus luteum

Kantong folikel biasanya larut setelah membebaskan telur. Tetapi jika kantong tidak larut dan awal folikel menutup, larutan bonus bisa bertumbuh di dalam kantong, dan penumpukan larutan ini menyebabkan kista korpus luteum.

Jenis lain dari kista ovarium mencakup:

Kista dermoid: perkembangan semacam kantong pada ovarium yang bisa bermuatan rambut, lemak, dan jaringan lainnya

Kista denoma: perkembangan non- kanker yang bisa bertumbuh di dataran luar ovarium

endometrioma: jaringan yang biasanya berkembang di dalam kandungan bisa bertumbuh di luar kandungan dan melekat pada ovarium, menciptakan kista.

Sebagian perempuan meningkatkan situasi yang diucap sindrom ovarium polikistik. Situasi ini berarti ovarium mengandung sejumlah besar kista kecil. Perihal ini bisa menyebabkan ovarium membengkak. Jika tidak diatasi, ovarium polikistik bisa menyebabkan kemandulan.

Baca Juga :   Waspada, 1 dari 5 Penderita Nyeri Kronis di Bawah Usia 30 Tahun

 

Gejala kista ovarium

Seringkali, kista ovarium tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, gejala dapat muncul saat kista tumbuh. Gejala mungkin termasuk:

– perut kembung atau bengkak
– buang air besar yang menyakitkan
– nyeri panggul sebelum atau selama siklus menstruasi
– hubungan intim yang menyakitkan
– nyeri di punggung bawah atau paha thigh
kelembutan payudara
– mual dan muntah

Adapun gejala parah dari kista ovarium yang memerlukan perhatian medis segera meliputi:

– nyeri panggul yang parah
– demam
– pingsan atau pusing
– pernapasan cepat

Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan kista yang pecah atau torsi ovarium. Kedua komplikasi tersebut dapat memiliki konsekuensi serius jika tidak ditangani sejak dini.

Baca Juga :   Puasa Bikin Berat Badan Naik, Ini Penyebabnya

Kebanyakan kista ovarium jinak dan secara alami hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Kista ini menyebabkan sedikit, jika ada, gejala. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, dokter Anda mungkin mendeteksi massa ovarium kistik yang bersifat kanker selama pemeriksaan rutin.

Pencegahan

Kista ovarium tidak dapat dicegah. Namun, pemeriksaan ginekologi rutin dapat mendeteksi kista ovarium secara dini. Kista ovarium jinak tidak menjadi kanker. Namun, gejala kanker ovarium dapat menyerupai gejala kista ovarium.

Jadi, penting untuk mengunjungi dokter Anda dan menerima diagnosis yang benar. Peringatkan dokter Anda tentang gejala yang mungkin mengindikasikan masalah, seperti:

– perubahan dalam siklus menstruasi Anda
– nyeri panggul yang berkelanjutan
– kehilangan selera makan
– penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
perut kenyang. (ser)

MIXADVERT JASAPRO