Bulan Agustus Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Bisa Digunakan

JagatBisnis.comPenantian masyarakat pengguna transportasi kereta akhirnya terjawab dengan akan di operasikanya Kereta Cepat Jakarta Bandung yang bisa memangkas waktu tempuh lebih cepat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan dimulai 18 Agustus 2023.

Awalnya, pemerintah menargetkan operasional atau commercial operating date (COD) KCJB bisa dilakukan mulai Juli 2023. Meski begitu, Luhut menegaskan rencana ini sebagai hadiah hari ulang tahun (HUT) Indonesia.

Baca Juga :   Jika Ibu Kota Negara Pindah, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap-siap Jadi Besi Tua

“Ya kita mau bikin hadiah 17 Agustus, bukan mundur, kita bikin hadiah 17-an,” tegasnya saat kunjungan ke Stasiun LRT Dukuh Atas, Jumat (31/3).

Luhut menambahkan, Presiden Jokowi nantinya akan meresmikan langsung operasional KCJB di Agustus mendatang. Adapun untuk uji cobanya (trial) akan dilakukan mulai Mei 2023.

Baca Juga :   Xi Jinping Akan Ikut Uji Coba Perdana Kereta Cepat Bandung-Jakarta

Kita berharap tanggal 18 Agustus Presiden akan meresmikan, tapi trialnya mulai bulan Mei. Seperti inikan trial sekarang ini,” kata Luhut.

Dia menuturkan, KCJB nantinya akan terintegrasi dengan sistem transportasi di Jabodetabek, di mana penumpang bisa transit melalui LRT Jabodebek ke Stasiun Halim dan tersambung langsung dengan Transjakarta.

Baca Juga :   Proyek Kereta Cepat Bengkak Hingga Capai Rp27 Triliun

Ekosistem yang dimau presiden kita harapkan nanti bulan agustus tanggal 18 akan diresmikan oleh presiden,” ungkapnya

“Tadi peletakan rel kereta api terakhir Jakarta Bandung sudah dilakukan, total sudah 304 km yang dipasang karena dua rel kiri kanan, dan itu sudah jadi, persiapan lain saya pikir sudah selesaikan,” jelas Luhut. (den)

MIXADVERT JASAPRO