BMKG: Bencana Hidrometeorologi Ancam Yogyakarta 3 Hari ke Depan

JagatBisnis.comHasil analisis dinamika atmosfer terkini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi dalam 3 hari ke depan di seluruh wilayah DI Yogyakarta curah hujannya masih tinggi. Untuk itu, warga diminta waspada.

Kepala BMKG Yogyakarta, Warjono mengatakan, kondisi tersebut dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di utara Australia yang membentuk pola belokan dan perlambatan kecepatan angin di sebagian wilayah Jawa, termasuk DI Yogayakarta.

“Profil vertikal kelembapan udara yang tinggi mencapai lebih 70 persen serta labilitas lokal pada siang hari yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah DI Yogyakarta,” katanya di Yogyakarta, Sabtu (25/2/2023).

Baca Juga :   Survei Zona Patahan Dirilis BMKG Disebabkan Gempa Cianjur

Menurut dia, kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode 3 hari ke depan. Sehingga pihaknya memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Bahkan, dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang akan terjadi pada tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2023.

Baca Juga :   Waspadai Cuaca Buruk Dua Hari ke Depan

“Cuaca ekstrem tersebut dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO