BMKG Kata Pemicu Gempa Maluku Jumat Sore

Ilustrasi Gempa bumi

JagatBisnis.comBadan Meteorologi Ilmu cuaca serta Geofisika( BMKG) menguak pemicu guncangan yang terjalin di Maluku Tenggara Barat dengan magnitudo 6, 4.

Bagi BMKG, guncangan ini diakibatkan” terdapatnya kegiatan subduksi Lempeng Laut Banda”.

Hasil analisa BMKG mengatakan, guncangan yang terjalin mempunyai metode pergerakan memindahkan naik( oblique thrust). Guncangan ini sendiri tidak berpotensi tsunami.

” Hari Jumat 17 Februari 2023 jam 16. 37. 35 Wib area Maluku Tenggara Barat, Maluku dikejutkan guncangan tektonik. Hasil analisa BMKG membuktikan gempabumi ini mempunyai patokan pembaharuan dengan magnitudo M6, 4,” catat BMKG dalam luncurkan resminya.

Baca Juga :   Jakarta Bakal Hujan Ringan Pada Siang Hari

” Episenter gempabumi terdapat pada koordinat 6, 58° LS; 132, 08° BT, ataupun persisnya berada di laut pada jarak 124 Kilometer arah barat energi Maluku Tenggara, Maluku pada daya 32 kilometer,” tulisnya lagi.

BMKG mengatakan, guncangan yang terjalin turut dialami di sebagian wilayah semacam Saumlaki, Dobo, Kei, Sorong, serta Kaimana. Fibrasi yang dialami masuk ke dalam rasio keseriusan III MMI.

Baca Juga :   BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Samudra Hindia Barat Sumatra

” Gempabumi ini berakibat serta dialami di wilayah Saumlaki, Dobo, Kei, Sorong, Kaimana dengan rasio keseriusan III MMI( Fibrasi dialami jelas dalam rumah. Terasa fibrasi seolah hendak truk lalu), di wilayah Banda dengan rasio keseriusan II MMI( Fibrasi dialami oleh sebagian orang, barang- barang enteng yang digantung berayun) Hasil pemodelan membuktikan kalau gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” catat BMKG.

Lebih lanjut, BMKG pula menulis, belum terdapat guncangan buntut sampai jam 17. 00 Wib. Tetapi begitu, BMKG memohon warga senantiasa cermas serta hening.

Baca Juga :   Aceh Sering Diguncang Gempa, Ini Kata BMKG

” Pada warga dihimbau supaya senantiasa hening serta tidak terbawa- bawa oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Supaya menjauhi dari gedung yang retak ataupun cacat disebabkan oleh guncangan,” catat BMKG

” Cek serta yakinkan gedung tempat bermukim kamu lumayan kuat guncangan, atau tidak terdapat kehancuran dampak fibrasi guncangan yang mematikan kemantapan gedung saat sebelum kamu balik ke dalam rumah,” tulisnya lagi.

(Tia)

MIXADVERT JASAPRO