Depan Gerbang Tol Karawaci, U-Turn Tol Jakarta-Tangerang Ditutup pada 18 Februari 2023

JagatBisnis.com –  Dalam rangka menjaga ketertiban berlalu lintas serta penerapan aturan berkendara di jalan tol sebagai upaya memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Ruas Tol Jakarta-Tangerang, berkoordinasi dan atas diskresi Kepolisian akan melakukan penutupan lokasi putar balik (u-turn) di depan Gerbang Tol (GT) Karawaci 4 mulai tanggal 18 Februari 2023 pukul 00.00 WIB.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 6 Ayat 1 poin (a) bahwa “Jalan tol harus mempunyai spesifikasi tidak ada persimpangan sebidang dengan ruas jalan lain atau harus mempunyai spesifikasi jumlah jalan masuk dan jalan keluar ke dan dari jalan tol dibatasi secara efisien dan semua jalan masuk dan jalan keluar harus terkendali secara penuh”.

Penutupan lokasi putar balik ini juga dilakukan sebagai langkah pembatasan kendaraan yang dapat memasuki jalan tol atau akses jalan tol yaitu hanya kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Pgs Senior Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Aprimon menegaskan hal ini, “Saat ini lokasi putar balik di depan GT Karawaci tersebut dilintasi oleh kendaraan mobil dan juga motor, padahal lokasi itu sudah masuk bagian dari jalan tol, hal ini bertentangan dengan Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2005 Pasal 38, bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” ujar Aprimon.

Baca Juga :   Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik, Sekarang Hanya Perlu Sekali Transaksi

Aprimon juga menambahkan setelah penutupan lokasi putar balik tersebut, diimbau kepada pengguna jalan dapat menggunakan lokasi putar balik sebelum memasuki area jalan tol.

Baca Juga :   563.593 Kendaraan Sudah Kembali ke Jabotabek

Untuk memastikan pengguna jalan dan masyarakat terinfomasi dengan baik, Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan sosialisasi penutupan lokasi putar balik ini melalui spanduk, Dynamic Massage Sign (DMS), media sosial dan media konvensional.

Baca Juga :   TNI dan Jasa Marga Gelar Vaksinasi Drive Thru di Tol Jagorawi

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat penutupan ini. Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan peraturan berkendara dan berlalu lintas. Lakukan pembaharuan informasi lalulintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080. (boy)

MIXADVERT JASAPRO