Identitas Pelaku Penembakan di Sinagoge Yerusalem Terungkap

Ilustrasi Foto: BERITAKINI

JagatBisnis.com –  Aksi penembakan terjadi di terjadi di luar Sinagoge Yerusalem Timur pada Jumat (27/1). Sedikitnya tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka.

Polisi Israel menyebutkan sempat terjadi kontak tembak dengan pelaku hingga akhirnya dapat dilumpuhkan dan dinyatakan tewas.

“Seorang teroris tiba di sebuah sinagoge di boulevard Neve Yaakov di Yerusalem dan mulai menembaki sejumlah orang di daerah tersebut,” kata polisi setempat, dikutip AFP, Sabtu (28/1).

Baca Juga :   7 Orang Tewas, 10 Lainnya Terluka Dalam Penembakan di Sinagoge Yerusalem

“Tujuh orang tak bersalah dibantai. Pada akhir baku tembak dan pengejaran antara polisi dan teroris, teroris dilumpuhkan dan dinyatakan tewas,” tambahnya.

Polisi telah mengidentifikasi pria bersenjata itu sebagai warga Yerusalem Timur dan berusia 21 tahun. Layanan tanggap darurat setempat melaporkan ada 10 korban atas penembakan tersebut. Termasuk seorang pria berusia 70 tahun dan anak laki-laki berusia 14 tahun.

“[Ini] salah satu serangan terburuk yang kami temui dalam beberapa tahun terakhir,” kata Komisaris Polisi Israel, Kobi Shabtai, saat berada di lokasi kejadian.

Baca Juga :   Serang Jemaah, Inggris dan AS Kutuk Aksi Penembakan di Yerusalem

Sementara itu, saksi mata di lokasi kejadian yang berada dekat Sinagoge mengatakan bahwa ia juga sempat membantu korban yang tertembak.

“Saya melihat teroris datang menggunakan mobil. Dia berhenti di tengah pertigaan dan menembak dari dalam mobilnya. Dan terus menembak saat orang-orang ke lokasi untuk membantu,” ujar Shalom Borohov, saksi mata di lokasi kejadian.

Baca Juga :   Serang Jemaah, Inggris dan AS Kutuk Aksi Penembakan di Yerusalem

Sementara itu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu yang datang ke lokasi diikuti oleh pengikutnya sambil meneriakkan “matilah orang Arab”. Saat ini, polisi setempat sedang membongkar kendaraan berwarna putih yang diyakini milik penembak.

Sementara itu, warga Palestina merayakan kejadian itu dengan melakukan unjuk rasa di beberapa bagian di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang dikuasai oleh Hamas.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO