Kemenparekraf Siap Sambut Wisman Tiongkok ke Bali

JagatBisnis.com –  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama stakeholder pariwisata di Bali akan menyambut kedatangan kembali wisatawan mancanegara (wisman) asal China, setelah keputusan pemerintah negara itu yang mencabut pembatasan perjalanan ketat internasional pada Minggu (8/1/2023). Penerbangan langsung wisman Tiongkok ke Bali direncanakan pada Senin (22/1/2023)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, kedatangan kembali wisman China menandakan Indonesia,khususnya Bali masih menjadi top of mind atau destinasi favorit wisatawan.

“Berdasarkan data Online Travel Ageng (OTA) di China, terjadi peningkatan volume pencarian destinasi wisata di luar negeri sebesar 430 persen. Indonesia masuk dalam top 5 pencarian dan volume pencarian Bali meningkat 250 persen,” kata Sandiaga, Sabtu (21/1/2022).

Baca Juga :   Sandiaga Diyakini Mampu Majukan Industri Pariwisata Indonesia

Menurut dia, kedatangan kembali wisatawan China ini diharapkan dapat mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara yang tahun ini mencapai 3,5 juta-7,4 juta kunjungan. China sendiri merupakan salah satu negara pasar terbesar untuk pariwisata di Indonesia.

Baca Juga :   Produk UMKM Harus Lebih Ramah Lingkungan

“Untuk itu, kami bersama pihak-pihak terkait akan berkolaborasi memastikan pelaksanaan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya terhadap wisatawan asal China yang dijalankan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan, tahun ini pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asal China antara 120.700 hingga 255.300. Untuk itu, diharapkan penyambutan kembali wisman China ini dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi wisatawan Tiongkok.

Baca Juga :   Menparekraf Harapkan Kehadiran "Omah Budoyo Jogja" Topang Penciptaan Lapangan Kerja Masyarakat

“Hal ini sekaligus menunjukkan kesiapan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali dalam menyambut wisatawan. Apalagi, kami telah menyiapkan berbagai program menarik dalam upaya minat lebih banyak wisatawan China ke Indonesia,” tutupnya. (*/eva)