Jalur LRT Jabodebek Akan Diperpanjang Sampai Bogor dan Grogol

JagatBisnis.com –  Jalur LRT Jabodetabek akan diperpanjang hingga Bogor dan Grogol. Hal itu sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2017. Rencananya, LRT Jabodebek akan beroperasi perdana Juli 2023.

“Kalau melihat dari Perpres, memang berikutnya ke Cibubur sampai Bogor. Kemudian Dukuh Atas sampai dengan Palmerah Senayan dan Grogol,” kata Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi, Rabu (18/1/2023).

Dia mengatakan, titik akhir LRT Jabodebek berada di Stasiun Jatimulya, Dukuh Atas dan Harjamukti. Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 88,4 persen. Terdapat 6 lintasan trayek lintasan LRT Jabodebek. Tiga di antaranya beroperasi Juli 2023, antara lain Cawang-Cibubur di Stasiun Harjamukti, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur di Stasiun Jatimulya.

Baca Juga :   LRT Jabodetabek Bakal Terkoneksi dengan KCJB

“Selanjutnya, LRT Jabodebek akan diperpanjang untuk rute Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol. Meski demikian, pemerintah masih fokus menyelesaikan proyek LRT Jabodebek fase 1. Karena kami masih menunggu penyelesaian yang sudah ada ini. Setelah itu, kami akan melangkah ke tahap berikutnya,” papar dia.

Baca Juga :   Peringati HUT ke-77, KAI Siapkan LRT Jabodebek dan KA Cepat

Menurut dia, dalam proyek pembangunan LRT Jabodebek sudah ada sejumlah investor yang berminat untuk berinvestasi. Namun demikian, belum ada kesepakatan apapun yang terjalin.

Baca Juga :   LRT Jabodetabek Bakal Terkoneksi dengan KCJB

“Sebenarnya kalau investor dan lain sebagainya cukup banyak yang berminat. Tapi kita buktikan pertama dengan jarak variatif sampai 80 kilometer per jam itu baru pertama kali di Indonesia,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO