Kemendagri Serahkan 204 Juta Data Potensi Pemilih Pemilu 2024 ke KPU

JagatBisnis.com –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menyerahkan 204.600.000 Data Penduduk Potensi Pemilih Pemilu (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Data itu disampaikan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri.

“Datanya sudah kita serahkan ke KPU by name, by address,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya, Senin (26/12/2022).

Selain menyerahkan DP4, Zudan mengatakan, pihaknya juga telah Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan KTP-elektronik dalam Lingkup Fungsi dan Wewenang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Jakarta pada Kamis (22/12/2022) pekan lalu.

Baca Juga :   Kemendagri Buka Peluang Sama dengan DPRD DKI Terkait Usulan Calon Pj Gubernur DKI

“Dengan penyerahan DP4 itu kami terus berusaha membangun suasana Pemilu yang berkualitas dengan kementerian/lembaga terkait,” imbuhnya.

Baca Juga :   Tok! Kepala Daerah Dilarang Gelar Halal Bihalal Lebaran

Menurut Zudan, pihaknya mendukung penuh tugas Bawaslu dan KPU untuk menyelenggarakan pemilu secara substantif dan lebih berkualitas. Terkait, PKS dengan Bawaslu, pihaknya akan melanjutkan kerja sama yang diteken pada 2018 dan akan berakhir tahun ini.

“PKS dengan Bawaslu itu telah melalui proses yang panjang, sehingga ada hak dan kewajiban yang melekat pada Bawaslu dan kami yang telah dibahas secara tuntas antara kedua belah pihak. Jadi kita melakukan perpanjangan PKS. Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan memberikan manfaat tidak hanya untuk Bawaslu tetapi juga bagi demokrasi Indonesia yang lebih baik,” pungkas Zudan. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO