Flu Unta, Salah Satu Penyakit yang Diwaspadai Penonton Piala Dunia 2022 di Qatar

JagatBisnis.comPerhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi sorotan organisasi kesehatan dunia (WHO) dengan mengingatkan 1,2 juta penggemar yang berkumpul, untuk mewaspdai sejumlah penyakit, diantaranya flu unta. Penyakit tersebut dianggap sebagai kerabat Covid-19.

Melansir dari Times Now yang dikutip Senin (5/12/2022), flu unta, dianggap sebagai penyakit bisa membunuh hingga sepertiga dari mereka yang terinfeksi. Flu ini juga dikenal sebagai MERS. Penyakit yang menular dan berbahaya untuk pernafasan. Peluang tertular penyakit ini karena ada kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Menurut pakar kesehatan, MERS mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun. Sedangkan, menurut pengobatan John Hopkins, MERS pertama kali dilaporkan pada tahun 2012, dan banyak ditemukan di negara-negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yordania, dan Yaman. Kemudian, beberapa kasus juga ditemukan di Eropa, dan pada orang yang bepergian ke Timur Tengah.

Baca Juga :   Southgate Optimis Inggris Juara Piala Dunia Qatar

Flu ini bukan hanya menginfeksi manusia, tapi juga ditemukan pada unta. Namun beberapa tanda dapat terlihat dalam 1-2 minggu, setelah terinfeksi virus. Gejala umum MERS, bisa berakibat fatal jika tidak ditangani baik pada waktunya, antara lain demam tinggi, panas dingin, batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, hidung meler dan dingin, sesak napas, nyeri otot dan persendian hingga mual dan muntah serta diare.

Baca Juga :   Kalahkan Portugal 2-1, Korsel Lolos ke 16 Besar

Selain flu unta, berikut ini penyakit lain yang menjadi perhatian WHO agar senantiasa jadi perhatian para penggemar Piala Dunia 2022 yang sedang berada di Qatar. Di antaranya Covid-19, Monkeypox (Mpox), penyakit vektor yang disebabkan oleh infeksi patogen serangga, seperti leishmaniasis kulit, demam berdarah, malaria, dan Rabies. Ada juga penyakit campak, hepatitis A dan hepatitis B. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO