Dinkes DIY Ingatkan Kenaikan Covid-19

covid-19 Foto: Okezone

JagatBisnis.com Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie mengingatkan warga permasalahan COVID- 19 di Yogyakarta masih ada. Apalagi nyaris tiap hari masih terdapat penderita COVID- 19 tewas.

” Kasusnya sekarang naik. Tidak hanya masalah vaksin, di bawahnya ternyata masih ada kasus komorbid yang banyak. Kalau teman- teman( wartawan) lihat itu kan hampir setiap hari kan ada yang MD( meninggal dunia) 1- 2( orang),” tutur Pembajun ditemui di Kepatihan Pemda DIY, Selasa( 15/ 11).

Ia menarangkan kebanyakan penderita COVID- 19 yang meninggal dunia sebab mempunyai komorbid dan yang telah berusia lanjut.

Baca Juga :   Jateng Sumbang Tambahan Terbesar Kasus Covid-19

” Hampir setiap hari ada( kasus meninggal dunia). Hampir ya, tidak setiap hari,” tuturnya.

Pembajun mengatakan permasalahan tewas itu pula terdapat yang telah vaksin. Tetapi memang komorbidnya lumayan tinggi alhasil yang bersangkutan meninggal dunia.

Baca Juga :   Waspada, Penularan Virus COVID-19 Varian Delta Lebih Cepat

” Ada yang belum booster, ada yang belum vaksin. Ada yang sudah vaksin tapi memang komorbidnya jauh lebih tinggi menyebabkan dia meninggal dunia,” tuturnya.

Aparat puskesmas sedang terus jemput bola buat vaksinasi lanjut usia. Ia pula berambisi warga ikut dan menolong dengan mempersiapkan lansia dalam situasi yang sehat buat vaksinasi. Pembajun berkata hoaks informasi soal COVID- 19 masih terus saja terjalin. Contoh saja pertanyaan virus yang jauh lebih beresiko, baginya perihal itu belum teruji.

Baca Juga :   Tren Pakai Strap Mask Tingkatkan Kontaminasi Virus

Bersumber pada informasi Pemda DIY, sepanjang pandemi COVID- 19 keseluruhan terdapat 227. 869 permasalahan konfirmasi COVID- 19. Dari jumlah itu ada 6. 005 permasalahan meninggal dunia. Sedangkan buat permasalahan COVID- 19 aktif di DIY dikala ini terdapat 1. 830 permasalahan. (tia)