Kemenkes Berikan Pasien Isoman Covid-19 Obat Gratis, Bisa Diambil di Apotek Terdekat

JagatBisnis.com – Kementerian Kesehatan (Kamenkes) memberikan obat Covid-19 untuk pasien isolasi mandiri (Isoman) secara gratis. Berbeda dari sebelumnya, kini obat tersebut bisa diambil di apotek terdekat. Layanan ini secara khusus diberikan untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 di masyarakat. Apotek yang ditunjuk untuk pengambilan obat adalah Kimia Farma.

“Obat isoman Covid-19 gratis dari Kemenkes hanya bisa diambil di Kimia Farma terdekat yang sudah ditentukan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam pernyataan resminya, Senin (7/11/2022).

Dia menjelaskan, caranya, pasien Covid-19 yang sedang isoman hanya perlu menghubungi nomor WhatsApp Kemenkes di nomor 081110500567 untuk mendapatkan layanan telemedicine. Layanan telemedicine gratis ini dapat diakses bagi masyarakat yang melakukan tes PCR atau antigen di laboratorium terafiliasi Kemenkes.

Baca Juga :   Riset Perguruan Tinggi Didorong Hasilkan Inovasi Berbasis Industri

Jika hasil tes positif dan laboratorium melaporkan hasilnya ke database kasus positif Covid-19 Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima WhatsApp dari Kemenkes secara otomatis atau mendapatkan syarat untuk menebus resep di web isoman. Pesan otomatis yang resmi datang dari akun yang ada centang hijaunya,” ungkap Siti Nadia.

Dia memaparkan, pasien dengan NIK terdaftar bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedicine secara gratis di menu konsultasi. Pasien juga bisa memasukan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang dipilih. Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien.

Baca Juga :   Pemerintah Jajaki 3 Obat Alternatif Covid-19

“Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman atau layak isoman, maka pasien dengan NIK terdaftar akan mendapatkan paket obat dengan jenis obat sesuai ketentuan,” imbuhnya.

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, lanjut dia, pasien dengan NIK terdaftar mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu pesan obat dengan mengunggah resep digital yang dikeluarkan dari platform telemedicine, KTP, melengkapi alamat pengiriman, dan memberikan persetujuan syarat dan ketentuan paket obat.

Baca Juga :   29 Juta Orang sudah Divaksin Booster

“Pasien bisa memilih jasa pengiriman ambil sendiri langsung ke apotek Kimia Farma yang ditentukan sistem. Setiap pengambilan akan diberikan kode paket yang dikirimkan langsung melalui WhatsApp konfirmasi tebus resep ke nomor pasien. Silahkan menggunakan layanan ojek online dan atau wali pasien dengan keadaan sehat untuk mengambil paket dengan biaya yang ditanggung sendiri oleh pasien,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO