Petani Temukan Sabuk Emas Berornamen Kosmologi di Rep Ceko

JagatBisnis.com –  Seorang petani bit menemukan sabuk emas zaman Perunggu berornamen kosmologi di tanahnya di Republik Ceko, akhir September 2022. Sabuk itu berupa selembar emas tipis kusut yang ternyata berusia hampir 2.500 tahun. Sabuk hiasan sepanjang 51 cm itu terbuat dari emas dengan inklusi perak, tembaga, dan besi. Kemungkinan adalah bagian depan sabuk kulit.

“Dihiasi dengan lingkaran konsentris yang ditinggikan dan diatapi dengan gesper berbentuk mawar di ujungnya. Mungkin kehilangan beberapa bagian kecil, tetapi itu dalam kondisi sempurna,” kata Jiri Juchelka, Kepala Departemen Arkeologi Museum Silesian, dikutip dari Live Science, Senin (31/10/2022).

Sementara itu, konservator Tereza Alex Kilnar menjelaskan, dari gaya dekorasinya, diperkirakan sabuk emas itu berasal dari Zaman Perunggu pertengahan hingga akhir, sekitar abad ke-14 SM. Eropa Tengah selama waktu ini (2000 SM hingga 1200 SM). Sabuk emas kuno berasal dari perpaduan budaya yang berbeda yang dihubungkan oleh jaringan pertukaran yang luas.

“Sabuk itu kemungkinan milik seseorang yang punya kedudukan tinggi di masyarakat. Karena barang-barang mewah seperti itu jarang diproduksi pada saat itu,” tegas Kilnar. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO