Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo

Ilustrasi Foto: Republika

JagatBisnis.com Gempa bumi berkekuatan 6, 4 magnitudo mengguncang Filipina bagian utara, pada Selasa( 25/ 10) malam durasi setempat. Guncangan mengakibatkan kepanikan masyarakat yang berhamburan ke jalanan serta memunculkan kerusakan infrastruktur suatu rumah sakit.

Survei Geologi Amerika Serikat( United States Geological Survey/ USGS), mengatakan guncangan diakibatkan pergerakan lapisan bumi serta getaran dialami dekat jam 10. 59 malam serta berfokus di dekat Kota Dolores. Guncangan ini terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal ialah 15, 2 kilometer. Walaupun sedemikian itu, getaran terasa sampai Ibu Kota Manila yang berjarak 330 kilometer dari pusat gempa.

Fasilitas biasa yang sangat terdampak merupakan Rumah sakit Memorial Mariano Marcos, di Kota Batac yang berjarak dekat 60 kilometer dari pusat guncangan. Rumah sakit ini berkapasitas 200 tempat tidur serta hadapi kehancuran infrastruktur terburuk yang ditemui sepanjang ini.

Baca Juga :   Filipina Diguncang Gempa 7,1 Magnitudo

“ Pihak berwenang membuat kami meninggalkan gedung sementara mereka memeriksa fondasi bangunan. Saat ini kami sedang melakukan penaksiran kerusakan,” tutur salah satu karyawan rumah sakit, Tom Tabije, semacam diambil dari AFP (tia)