Brantas Abipraya Tata Kota Lama Kesawan Medan, Siap Jadi Tujuan Wisata Heritage

JagatBisnis.com – PT Brantas Abipraya (Persero) siap mewujudkan destinasi wisata heritage di Medan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini melakukan pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang ditargetkan akan tuntas pada November 2023 mendatang. Berbekal mengantongi pengalaman dalam mempercantik Kota Lama Semarang yang telah rampung pada 2019 lalu, melalui pembangunan Kesawan ini Brantas Abipraya berupaya menghidupkan kembali makna legacy dari wilayah tersebut.

“Pembenahan kawasan Kota Lama Kesawan ini merupakan sebuah upaya kami dalam menyokong terwujudnya Medan wisata Heritage. Harapannya nanti wilayah ini dapat mengembangkan perekonomian dan menjadi destinasi wisata baru nan cantik,” ungkap Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Anas menambahkan revitalisasi ini nantinya akan memperkuat daya tarik ‘heritage’ dan potensi seni budaya. Keberadaannya saat tuntas nanti bakal menjadikannya sebagai salah satu ikon Kota Medan dan meningkatkan nilainya sebagai destinasi untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca Juga :   Brantas Abipraya Garap Bendungan Tertinggi di Indonesia

Sebagai tambahan informasi, tahun lalu BUMN konstruksi ini telah berbagi pengalaman saat mengerjakan Penataan Kota Lama Semarang ke Wali Kota Medan Bobby Nasution. Anas mengatakan ini merupakan sebuah kehormatan bagi Brantas Abipraya dipercaya untuk dapat sharing knowledge dan berdiskusi bersama membangun kembali keelokan Kawasan Lama Medan dengan bangunan bersejarahnya.

Baca Juga :   Brantas Abipraya Siap Sokong Ketersediaan Air Baku Tiga Daerah di Semarang

Serupa dengan Kota Lama Semarang yang telah didandani Abipraya sebelumnya, Kota Kesawan ini juga menyimpan banyak peninggalan bersejarah zaman kolonial, keindahan yang ditawarkan adalah pemandangan berlatar gedung-gedung tua warisan kolonial. Bersama Kementerian PUPR, Brantas Abipraya akan memperelok kawasan ini dengan merevitalisasi agar menjadi kawasan yang semakin instagramable, atau layak jadi lokasi swafoto dan dipamerkan di media sosial, serta mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara.

Adapun untuk ruang lingkup pekerjaan Brantas Abipraya adalah pekerjaan revitalisasi saluran drainase, pekerjaan utilitas, pekerjaan koridor Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang, pekerjaan koridor Jalan Ahmad Yani, pekerjaan kawasan Jalan Perniagaan kawasan Jalan Perniagaan – Jalan Kereta Api, serta pekerjaan kawasan Jalan Masjid – Pasar Hindu.

Baca Juga :   Brantas Abipraya Raih Dua Penghargaan Sekaligus di TOP CSR Awards 2022

“Brantas Abipraya optimis dapat menyelesaikan revitalisasi kota lama Kesawan ini tepat waktu agar manfaatnya dapat lekas di rasakan oleh masyarakat, serta dapat turut mendukung perekonomian di wilayah tersebut karena melalui revitalisasi ini nantinya dapat membuka banyak lapangan pekerjaan di Medan,” pungkas Anas. (adv)

MIXADVERT JASAPRO