Diguyur Hujan Deras, Menyebabkan Daerah di Tanggamus Longsor

JagatBisnis.com Hujan deras pada Kamis (6/10) kemarin menyebabkan longsor di Pekon Batu Patah, Kecamatan Kelumbayan Barat, Tanggamus.

Kepala BPBD Kabupaten Tanggamus, Budi mengatakan bahwa ada beberapa titik yang terkena longsor sehingga sejumlah ruas jalan tidak bisa dilalui akibat material tanah yang menutupi jalan.

“Longsoran ada dibeberapa titik, tapi yang terparah ada di Kecamatan Kelumbayan Barat dan Kecamatan Limau,” kata dia, Jumat (7/10).

Baca Juga :   Terus Bertambah, Korban Tewas Akibat Banjir di Afsel

Budi menambahkan, peristiwa longsor ini terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak tiga hari belakangan.

“Memang selama tiga hari belakangan hujan cukup deras, ini menjadi salah satu penyebab terjadinya longsor, meski begitu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Budi.

Baca Juga :   BNPB: Enam Daerah di NTT Terdampak Bencana

Budi menuturkan, proses evakuasi di Kecamatan Limau sudah selesai. Saat ini pihaknya masih melakukan proses pembersihan material tanah di Kecamatan Kelumbayan.

“Evakuasi material tanah sudah bisa disingkirkan dengan menggunakan alat berat, memang sempat terjadi kemacetan cukup panjang mengingat jalan ini merupakan jalan lintas Sumatera.

Baca Juga :   Curah Hujan Tinggi, Rumah Warga di Solok Tertimpa Tanah Longsor

Alhamdulillah sudah bisa dilalui sekarang,” jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati karena wilayah Lampung khususnya Kabupaten Tanggamus masih terus akan diguyur hujan deras. (tia)

MIXADVERT JASAPRO