Presiden Jokowi Terima Gelar Adat dan Budaya dari Kesultanan Buton

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com -Lembaga adat Kesultanan Buton menganugerahi gelar adat dan budaya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gelar itu dinobatkan langsung oleh Sultan Buton ke-40 La Ode Muhammad Izat Manarfa. Penyematan gelar ditandai dengan pemberian Katuko (tongkat) dan songkok Maulana oleh Bontona Siompu kepada Presiden Joko Widodo, di Baruga Kesultanan Buton Benteng Keraton Wolio-Buton, Selasa (27/9/2022).

Presiden Jokowi mendapat gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara. Dengan gelar tersebut, Presiden Jokowi dinobatkan sebagai warga, kerabat serta sesepuh Kesultanan Buton. Presiden Jokowi berterima kasih kepada Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa, Gubernur Sultra Ali Mazi, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan jajaran lembaga adat atas anugerah yang diberikan.

Presiden Jokowi mengaku, takjub dengan cara masyarakat Buton dalam berkepribadian dalam berkebudayaan. Dia melihat adat, budaya, tradisi kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara di Kesultanan Buton dan Provinsi Sultra ini.

Baca Juga :   Jokowi dan Prabowo jadi Saksi Pernikahan Atta dan Aurel

Sementara itu, Panglima Kesultanan Buton, La Ode Muhammad Arsal menjelaskan La Ode Muhammad Joko Widodo artinya seorang laki-laki yang memiliki sikap dan prilaku yang mulia dalam kacamata sebagai pimpinan. Karena siang, malam berpikir untuk kesejahteraan dan kemakmuran warga atau rakyat yang dipimpinnya. Sehingga melalui tangan dingin Joko Widodo, Sultan Himayatudin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo tercatat dalam lembaran sejarah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia dari tanah Buton.

Baca Juga :   Kata Pigai Soal Cuitan Jangan Percaya Orang Jawa Tengah Jokowi-Ganjar

“Dengan gelar tersebut Jokowi resmi dinobatkan sebagai warga, kerabat serta sesepuh Kesultanan Buton. Harapan kami semua ditangan La Ode Joko Widodo akan mengawal terbentuknya provinsi kepulauan Buton yang selama ini didambakan masyarakat,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO