Kemenkes Bagikan 425.808 Kondom, Cegah Penularan HIV/AIDS di Jabar

JagatBisnis.com-Kasus HIV/AIDS di Provinsi Jawa Barat (Jabar) tengah menjadi sorotan nasiona. Makanya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun langsung mengalokasikan alat kontrasepsi (kondom) sebanyak 425.808 ke Jabar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Ryan Bayusantika Ristandi mengatakan, kiat yang telah dilakukan pihaknya dalam pencegahan HIV, di antaranya melakukan penyuluhan dan sosialisasi. Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi kepada masyarakat luas, pelajar, termasuk mahasiswa terkait pencegahan HIV/AIDS dan IMS dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat melalui media sosial, dan media lainnya.

“Kami juga sudah mengalokasikan kondom sebanyak 425.808 buah ke Jabar. Pembagian kondom atau alokasi kondom ke kabupaten/kota merupakan salah satu intervensi perubahan perilaku agar pencegahan HIV tidak meluas dan memutus mata rantai penularan HIV dan IMS yang tadinya tidak menggunakan kondom jadi menggunakan kondom,” katanya, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga :   Pedagang Pasar Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Menurutnya, kondom dapat mencegah penularan HIV/AIDS melalui hubungan seksual. Karena kondom merupakan alternatif selanjutnya atau terakhir, bila skema A dan B tidak dapat dilakukan sebagai pencegahan kecuali pada kasus tertentu tetap harus pakai kondom.

Baca Juga :   Kemenkes Bentuk Tim Selidiki Kasus Gangguan Ginjal Akut pada Anak

“Skema ini adalah singkatan dari A untuk Abstinent (tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah), B untuk Be faithful (setia), C untuk Condom use (menggunakan kondom), D untuk no Drug (tidak menggunakan narkoba), dan E untuk Education (pendidikan). Pencegahan HIV dengan skema ABCDE ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Penanggulangan HIV/AIDS,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO