Kantor Gubernur Sulbar Dibangun Kembali Usai Diguncang Gempa

JagatBisnis.com –  Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) yang roboh karena guncangan gempa 6,2 magnitudo pada 15 Januari 2021 bakal mulai dibangun kembali.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris, mengatakan ground breaking pembangunan kembali kantor Gubernur Sulbar akan dilakukan pada Kamis (1/9/2022).

“Tanggal 1 September kita akan ground break, sekaligus tanda dimulainya pembangunan gedung (kantor Gubernur Sulbar),” ungkap Muhammad Idris saat rapat di rumah jabatan Sekprov Sulbar, Rabu (24/8/2022).

Idris menyebutkan pengerjaan pembangunan kembali kantor Gubernur Sulbar akan dilaksanakan PT Brantas Abipraya selaku pemenang tender dari Kementerian PUPR.

Adapun durasi pengerjaan, kata dia, ditargetkan selama setahun dan selesai pada 2023.

“Paling lambat September, tapi janjinya mereka 10 bulan sudah selesai,” ujar Idris.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sulawesi Barat, Muhammad Aksan, menuturkan pembangunan kembali kantor Gubernur Sulbar bersumber dari APBN melalui Kementerian PU sebesar Rp 103 miliar.

Desain kantor Gubernur Sulbar nantinya, kata dia, akan tetap mengadopsi konsep awal yang mengedepankan konsep arsitektur lokal dan berlantai tiga.

“Rencana peresmian nanti akan dirangkaikan dengan seminar pembangunan infrastruktur IKN, sekaligus dengan ground breaking kantor Gubernur,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO