AS Deteksi Kasus Cacar Monyet Langka

Ilustrasi Cacar Monyet Langka Foto: Nusantara TV

JagatBisnis.com – Pemerintah Amerika Serikat pada Rabu (19/5) mencatat terjadinya beberapa kasus cacar monyet di Massachusetts, penyakit langka yang biasanya ditemukan di Afrika. Sejumlah kasus yang dikonfirmasi atau dicurigai juga telah dilaporkan baru-baru ini di Inggris, Portugal dan Spanyol.

Baca Juga :   Kasus Cacar Monyet Diduga Masuk ke India

Lonjakan kasus yang tiba-tiba itu segera memicu kekhawatiran dari para profesional kesehatan di seluruh dunia. Pada Rabu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah mengirim tim untuk menanggapi wabah serupa di Inggris.

“Cacar monyet biasanya tidak terjadi secara global,” kata Dr. Anne W. Rimoin, profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, kepada USA Today. Rimoin, yang telah mempelajari secara ekstensif cacar monyet dan penyakit menular lainnya di Afrika Tengah, mengatakan wabah seperti itu “jarang terjadi dan tidak biasa.”

Baca Juga :   Joe Biden: Jangan Sepelehkan Wabah Cacar Monyet

Meskipun kebanyakan orang pulih dari virus, penyakit itu pun bisa berbahaya dan fatal dalam beberapa kasus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). (pia)

MIXADVERT JASAPRO