Kemenhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik via Laut

JagatBisnis.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan penanganan mengahadapi puncak arus balik Lebaran 2022 ini dengan transportasi laut yang aman dan sehat. Sehingga mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang kapal. Diprediksi puncak arus balik via laut akan terjadi pada Minggu (8/5/2022) hingga Senin (9/5/2022).

Plt Dirjen Perhubungan Laut Capt. Mugen S Sartoto memastikan semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut.

“Kami sudah menginstruksikan kepada semua para Kepala UPT dan Operator Kapal di seluruh penjuru Tanah Air harus tetap mewaspadai jika ada potensi atau masalah yang bisa berakibat terganggunya transportasi laut pada arus balik Lebaran tahun ini. Intinya semua unsur dan petugas harus tetap jaga komunikasi dan koordinasi yang baik jika terjadi potensi atau masalah yang bisa mengganggu transportasi laut dengan semua instansi seperti Pemda setempat, TNI, Polri dan unsur lainnya,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga :   Sudah 595.802 Pemudik Menyebrang dari Pelabuhan Merak

Menurut Capt. Mugen, khusus transportasi laut dengan prediksi puncak arus balik pada moda transportasi laut pada 8-9 Mei 2022 mendatang, sehingga semua UPT dan para operator kapal harus sudah menyiapkan semua sarana dan prasarana di semua pelabuhan, baik sarana sebelum di pelabuhan, di pelabuhan, di kapal, maupun pada saat proses embarkasi dan debarkasi para penumpang harus disiapkan dari sekarang sebaik mungkin untuk melayani para penumpang arus balik.

Baca Juga :   Kemenhub Siap Tindak Oknum yang Mainkan Tarif Bus

“Kami juga mengimbau agar semua pihak menyiapkan online ticketing sehingga kesiapan kapal bisa diprediksi dengan baik termasuk untuk penambahan armada jika diperlukan. Untuk itu, perlu komunikasi dan koordinasi yang baik dan intensif dengan stakeholder terkait seperti Pemda atau Dinas Perhubungan setempat,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO