20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

jagatBisnis.com – Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Rembang, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan. Destinasi Unggulan di Kota Garam yang menyuguhkan pesona unik.

Berlibur ke Jawa Tengah sering kali hanya ke beberapa kota yang sudah tersohor di telinga masyarakat. Rembang jadi salah satu kota yang kurang dilirik karena belum banyak tempat wisata dikenal oleh masyarakat. Kota yang terlintas saat menyebut nama Kartini ternyata memiliki sederet destinasi yang sayang jika dilewatkan.

Berita Terkait

Kota penghasil garam ini tidak memiliki label kota wisata, tetapi menyuguhkan pesona alam yang tak kalah menarik. Berikut deretan tempat wisata di Rembang yang menarik dikunjungi saat liburan.

1. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe

Image Credit: Nurrochma.com

Tempat wisata satu ini jadi pilihan banyak masyarakat sekitar Rembang karena memiliki pemandangan yang luar biasa cantik. Wisata ini cocok untuk segala usia, mulai dari remaja hingga dewasa. Tersedia beragam wahana dan permainan, seperti penyewaan kereta pantai dan motor atv. Yang membuat lokasi ini menarik, justru dari segi namanya yang diambil dari batuan karang di tepi pantai yang sangat besar dengan warna menyerupai jahe.

Lokasi: Jl. Pantai Karang Jahe, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

2. Pantai Caruban

Pantai Caruban

Image Credit: Pantainesia.com

Bagi wisatawan yang ingin mencari tempat untuk melipir sejenak, pantai ini sangat cocok. Belum banyak diketahui oleh masyarakat menjadikan lokasi ini masih tergolong sepi. Akan tetapi, daya tariknya cukup menarik seperti garis pantai yang lebar, ombak tenang, dan jajaran pohon cemara yang rimbun. Tempat ini cocok untuk anda yang ingin berenang atau bermain air karena ombaknya aman dan tidak berpotensi membawa anda ke tengah laut.

Lokasi: Gedongmulyo, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

3. Jembatan Merah Hutan Mangrove

Jembatan Merah Hutan Mangrove

Image Credit: Yriskad.blogspot.com

Seperti namanya, tempat ini didominasi tumbuhan bakau dengan jembatan merah yang membentang di sepanjang jalan. Anda akan disuguhi panorama yang asri serta sejuk saat berada di tempat ini. Aktivitas yang bisa dilakukan, antara lain memancing dan berfoto di beberapa spot yang ikonik. Mencapai lokasi yang unik ini, anda perlu berjalan sekitar 5 menit atau dapat menyewa ojek yang disediakan oleh masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Pasarbanggi, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

4. Dampo Awang Beach

Dampo Awang Beach

Image Credit: Gotravelly.com

Dilabeli sebagai area wisata keluarga karena menyuguhkan beragam fasilitas yang cocok untuk rombongan sanak famili. Kawasan yang dulunya kurang terawat ini telah dilengkapi beragam fasilitas dan wahana. Anda dapat bermain, berenang, bersantai, dan berburu wisata kuliner. Tak hanya itu, bagi yang membawa anak anak dapat mengajaknya ke taman hewan mini sebagai ajang edukasi yang paling mudah untuk mengenalkan kekayaan hewan di Indonesia.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.83, Rembangan, Tasikagung, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

5. Watu Congol Lasem

Watu Congol Lasem

Image Credit: Thetravelearn.com

Bagi para pecinta aktivitas pendakian tampaknya akan sangat menyukai area ini. Pasalnya, Watu Congol Lasem memberikan daya tarik utama yaitu berupa batu raksasa yang ada di puncak bukit. Setelah mencapai puncak, anda bisa menikmati keindahan alam sekitar di kabupaten Rembang dari ketinggian. Untuk mencapai suatu hal, tentu anda harus bersusah payah lebih dulu, begitu pula untuk mencapai puncak baru raksasa di daerah Lasem satu ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Selopuro, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

6. Tiongkok Kecil Heritage Lasem

Tiongkok Kecil Heritage Lasem

Image Credit: Getlost.id

Area satu ini tidak dibangun secara khusus sebagai objek wisata, tetapi karena eksteriornya yang unik mampu menarik minat wisatawan. Berawal dari banyaknya masyarakat lokal yang tertarik, hingga mampu memikat orang dari luar kota. Daya tariknya, yaitu hotel, café, dan toko batik didesain dengan sangat unik dari segi bentuk bangunannya. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin bertandang untuk sekadar menginap, mencicipi kuliner, atau beli kain batik.

Lokasi: Jl.Karangturi No.4/7, Mahbong, Karangturi, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

7. Gunung Lasem

Gunung Lasem

Image Credit: Wisatakaresidenanpati.blogspot.com

Kembali mengisi daftar wisata yang wajib dikunjungi oleh pecinta aktivitas pendakian dan trekking, khususnya pemula. Medannya cukup bersahabat, sehingga bagi orang orang yang belum ahli di bidang ini bisa menjajalnya. Ketinggian gunung ini sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Puncaknya menawarkan pemandangan yang luas dan menarik, yaitu laut Jawa, gunung Muria, dan gunung Lawu dengan waktu pendakian yang tidak dibatasi waktu.

Lokasi: Rakitan, Kec. Sluke, Kab. Rembang.

8. Air Terjun Pasucen

Air Terjun Pasucen

Image Credit: Travel-rembang.blogspot.co.id

Tempat satu ini tergolong wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan wisatanya. Air terjun ini memiliki beberapa lajur jatuhnya air yang terkesan melebar, sehingga membentuk aliran air cukup banyak. Lanskap yang disuguhkan kepada pengunjung didominasi oleh tebing tinggi dengan tumbuhan menjalar yang menambah kesan eksotis. Suara gemericik air jadi salah satu suara alam yang sangat merdu dan mampu menenangkan hati para pengunjung.

Lokasi: Pasucen, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

9. Watu Layar

Watu Layar

Image Credit: Jatengprov.go.id

Para pengunjung akan disuguhi keindahan alam dari ketinggian yang didominasi oleh batu batuan. Di bagian bawahnya, anda akan langsung melihat pantai utara yang sangat eksotis lengkap beserta kapal kapal yang sandar. Fasilitas yang tersedia untuk anda cukup banyak, yaitu gazebo untuk bersantai, jembatan kayu untuk spot foto unik, dan lain lain. Untuk ke tempat ini, pastikan memakai kendaraan yang memadai untuk melalui jalanan terjal yang berliku.

Lokasi: Bonang, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

10. Pantai Nyamplung Indah

Pantai Nyamplung Indah

Image Credit: Penawisata.com

Sebelumnya, pantai ini menyandang sebutan lokasi wisata yang sangat buruk dan tak layak dikunjungi. Akan tetapi, saat ini telah dibuka kembali setelah proses perbaikan dan telah setara dengan fasilitas dari beberapa destinasi wisata unggulan di Rembang. Anda bisa bermain air bahkan berbagai wahana telah dibuka untuk memuaskan pengunjung. waktu terbaik untuk berkunjung, yaitu sore hari pada saat matahari menjelang kembali ke peraduannya.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pangkalan, Tritunggal, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

11. Waduk Panohan

Waduk Panohan

Image Credit: Wikimedia.org

Fungsi utama dari waduk Panohan, yaitu menjadi tempat penampungan air dan pemasok ke area persawahan. Dengan kata lain sebagai pemasok sistem irigasi dan jadi salah satu spot penting bagi pertanian di Kabupaten Rembang. Akan tetapi, saat ini telah difungsikan juga sebagai tempat wisata yang menarik minat banyak orang. Daya tarik utamanya, yaitu waduk berwarna kehijauan dengan bukit yang asri di depan mata serta udara sejuk yang mampu melepas penat.

Lokasi: Gunem, Panohan, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

12. Wisata Gunung Kajar

Wisata Gunung Kajar

Image Credit: Instagram.com @maulida_dk

Para pendaki tentu sudah tidak asing dengan Gunung Kajar yang tak hanya cocok untuk pendaki, tetapi juga pecinta laut. Pasalnya, panorama yang disuguhkan di ketinggian ini yaitu panorama laut pantai utara yang sangat tenang. Anda bisa melihat dan berswafoto dengan latar belakang yang sangat cantik dan tiada duanya. Rasa lelah setelah menempuh jalan beberapa menit ke puncak akan terbayar secara lengkap dan tuntas dengan panorama yang ditawarkan.

Lokasi: Kajar, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

13. Waduk Lodan

Waduk Lodan

Image Credit: Desalodanwetan.wordpress.com

Dibangunnya lokasi ini bertujuan sebagai tempat pengatur air bersih yang dialirkan ke area sekitar dan sebagai irigasi. Tak hanya difungsikan sebagai fasilitas umum, tetapi juga dapat dikunjungi wisatawan sebagai objek wisata. Para pecinta memancing dapat melakukan hobinya di tempat ini untuk mencari ikan atau sekadar melepas penat. Anda bisa ke waduk ini di dua waktu terbaik, yaitu pagi dan sore hari agar tidak merasakan terik matahari yang menyengat.

Lokasi: Lodan Kulon, Kec. Sarang, Kab. Rembang.

14. Pantai Pasir Putih Wates

Pantai Pasir Putih Wates

Image Credit: Brisik.id

Wisata bahari satu ini sangat menarik minat wisatawan, sehingga tak heran banyak orang yang datang ke tempat ini terutama di akhir pekan. Daya tarik yang ditawarkan, yaitu pasir putih lembut serta bersih di sepanjang garis pantai. Tak hanya itu, anda juga bisa berfoto di jembatan panjang yang membelah pantai sekitar beberapa meter. Para pengunjung akan melihat beberapa deret kapal yang bersandar lengkap beserta nelayan dan hasil ikannya.

Lokasi: Desa Tasikharjo, Wates, RW03, Kec. Kaliori, Kab. Rembang.

15. Pantai Binangun

Pantai Binangun

Image Credit: Heikaku.com

Tidak seperti pantai yang sudah dibahas sebelumnya, pantai Binangun ini cukup unik karena menjadi tempat parkir kapal kapal nelayan. Alhasil, pemandangan di area pantai terkesan kotor dan tidak rapi, tetapi itulah ciri khas atau keunikannya. Bagi para pecinta sunset, wajib memasukkan pantai satu ini ke dalam daftar liburannya. Kunjungannya ke area ini tidak akan menuai kekecewaan karena Binangun membawa label sebagai spot sunset terbaik di Rembang.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Binangun, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

16. Pantai Jati Sari

Pantai Jati Sari

Image Credit: Pantainesia.com

Pemburu keindahan wisata bahari tentu tidak boleh melewatkan destinasi yang dekat dari pusat kota satu ini. Jarak tempuh yang perlu dilalui hanya sekitar 30 menit dengan sepeda motor. Panorama yang sangat indah jadi daya tarik utamanya, meskipun garis pantai di area ini tidak terlalu panjang atau luas. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati kawasan pantai utara ini dengan leluasa karena ombaknya begitu tenang, sehingga bisa dipakai bermain atau berenang.

Lokasi: Jatisari, Kec. Sluke, Kab. Rembang.

17. Air Terjun Kali Mancur

Air Terjun Kali Mancur

Image Credit: Citratrans.com

Wisata yang belum lama dibuka untuk umum ini jadi salah satu air terjun yang masih bersih dan alami. Tak heran, banyak pengunjung yang tertarik dan betah untuk berlibur bersama orang terdekatnya. Daya tariknya, yaitu paduan air yang jatuh dan bebatuan koral besar berwarna hitam yang sangat kokoh menjulang. Waktu terbaik untuk berkunjung, yaitu saat musim penghujan karena debit air sangat melimpah sedangkan di musim kemarau akan kering.

Lokasi: Gowak, Kec. Lasem, Kab. Rembang.

18. Air Terjun Kedung Grenjeng

Air Terjun Kedung Grenjeng

Image Credit: Daftarwisata13.blogspot.com

Mengisi sederet destinasi wisata baru di Rembang, air terjun ini masih sangat asri dan alami. Anda akan disuguhi ketinggian air yang cukup, tetapi membentuk banyak aliran dan tersebar cukup luas. Dengan begitu, area yang dapat dimanfaatkan untuk bermain air cukup luas pula. Menariknya, lokasi ini masih dikelola secara komersial sehingga fasilitas serta akses jalan belum memadai. Pastikan memiliki kondisi prima dan tubuh yang sehat saat ke tempat ini.

Lokasi: Jukung, Kec. Bulu, Kab. Rembang.

19. Gunung Argopuro Lasem

Gunung Argopuro Lasem

Image Credit: Travel-rembang.blogspot.com

Tempat satu ini cukup terkenal di kalangan pecinta hiking Jawa Tengah karena lokasinya yang tidak terlalu tinggi dan sangat eksotis. Ketinggian serta medan gunung ini sangat cocok untuk pemula, karena tidak banyak rintangan yang harus dilalui hingga sampai ke puncak. Tak hanya berolahraga, anda juga akan disuguhi panorama yang menarik di puncaknya. Yang perlu ditekankan kepada seluruh pendaki, yaitu selalu membawa turun sampah yang dibawanya.

Lokasi: Rakitan, Kec. Sluke, Kab. Rembang.

20. Museum R. A Kartini

Museum R. A Kartini

Image Credit: Kekunaan.blogspot.com

Pahlawan satu ini tentu tidak mungkin terlupakan, terlebih jasa jasanya kepada perempuan Indonesia hingga bisa mengenyam pendidikan. Untuk mengenang jasa yang telah dilakukan oleh wanita ningrat satu ini, anda bisa berkunjung ke museumnya. Bangunan ini dulunya rumah yang jadi saksi bisu perjuangan Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan. Isi dari museum ini, yaitu benda benda yang pernah dipakai oleh beliau semasa masih hidup.

Lokasi: Kutoharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

Rembang adalah salah satu kota yang sangat bernilai sejarah, terutama bagi perjuangan R.A Kartini. Berkunjung ke kota ini tak lengkap bila tidak menjajal destinasi wisatanya yang menyuguhkan pesona alam unik dan eksotik. Mulai dari pantai, hutan, hingga air terjun tersedia pilihan cukup banyak. Anda dapat mengunjunginya bersama keluarga atau orang terdekat di segala waktu serta musim karena dibuka sepanjang hari, termasuk akhir pekan.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button