Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Kementerian ATR/BPN Kepada Pejabat Administrator

JagatBisnis.com –   Guna mencapai visi pada tahun 2025, yakni menjadi institusi pengelola tata ruang dan pertanahan yang berkelas dunia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah menetapkan nilai-nilai Kementerian, melalui Kepmen ATR/Kepala BPN Nomor 115/SK-0T.02/V/2020 tentang Nilai-Nilai Kementerian ATR/BPN. Dalam Kepmen tersebut ditetapkan tiga nilai Kementerian ATR/BPN, yakni Melayani, Profesional dan Terpercaya.

Ketiga nilai-nilai tersebut wajib ditanamkan kepada setiap jajaran Kementerian ATR/BPN, khususnya Pejabat Administrator. “Bagaimana kita harus membuat nilai-nilai Kementerian ATR/BPN dapat menjadi patokan. Sebagai Aparatur Negara, kita punya janji yang diucapkan ketika kita disumpah untuk suatu jabatan. Ini dielaborasi oleh Kementerian ATR/BPN melalui nilai-nilai kementerian,” kata Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan, Hary Sudwijanto saat memberikan kuliah umum kepada 80 orang peserta Diklat Pejabat Administrator dan Diklat Pejabat Pengawas, melalui video conference, Kamis (18/03/2021).

Selanjutnya, Hary Sudwijanto menyatakan bahwa yang dimaksud sikap melayani adalah bagaimana upaya setiap pejabat administrator dapat memberikan layanan berstandar dunia dengan orientasi peningkatan pelayanan dan kepuasan masyarakat serta pemangku kepentingan. Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN menambahkan juga agar setiap jajaran Kementerian ATR/BPN dapat memberikan layanan yang sesuai prosedur, bersikap ramah dan sopan saat memberikan layanan pertanahan kepada setiap orang serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan pelayanan pertanahan.

Setiap pejabat administrator juga perlu menunjukkan dedikasi, punya komitmen serta akuntabel. Ia juga harus bersedia untuk meningkatkan kompetensinya dengan menyesuaikan perkembangan pengetahuan dan teknologi. Pejabat administrator juga harus mampu bekerja sama, bekerja cerdas, tuntas serta punya nilai tambah. “Ini merupakan bentuk nilai profesional yang perlu ditanamkan pada setiap kita,” kata Hary Sudwijanto.

Lebih lanjut, nilai-nilai terpercaya dapat diterjemahkan melalui berpikir, berperilaku dengan cara-cara yang baik dan benar, memegang teguh kode etik, amanah terhadap jabatan serta prinsip moral sehingga menghasilkan kinerja yang handal dan berkualitas. Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN juga menambahkan agar setiap pejabat administrator dapat bekerja dengan integritas, dapat diandalkan serta dipercaya, mampu menjaga martabatnya dan tidak melakukan tindakan tercela.

Ketiga nilai-nilai Kementerian ATR/BPN itu berguna untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kementerian ATR/BPN. “Untuk pengelolaan organisasi ada dua strategi, yang pertama adalah strategi pembinaan. Ini bertujuan untuk mengelola secara internal. Seperti diketahui kita sudah punya merit sistem, artinya jenjang karir lebih jelas. Sistem ini melihat prestasi kerja kita serta kualitas diri maupun kerja kita. Lalu, ada strategi operasional. Strategi ini akan menunjukan kemampuan kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan.

Hary Sudwijanto juga menyebutkan bahwa pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian ATR/BPN juga merupakan proses untuk menjaga eksistensi serta kompetensi budaya profesionalitas di lingkungan Kementerian ATR/BPN. “Dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan juga diterapkan nilai-nilai dan budaya kementerian kita sehingga kita menjadi insan yang professional,” kata Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan. (srv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button