IKAWATI Kementerian ATR/BPN Gagas Pembinaan PAUD dan Parenting Berbasis Pendidikan Karakter

JagatBisnis.com – Pendidikan karakter menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan anak khususnya dimulai sejak pendidikan usia dini. Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali mengadakan pertemuan lanjutan dalam rangka inisiasi Program Pembinaan dan Pelatihan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Parenting bertempat di Aula Prona Kementerian ATR/BPN pada Senin (13/06/2022).

Pembina IKAWATI, Ratna Megawangi Sofyan Djalil, berkata bahwa program pendidikan merupakan salah satu program yang menjadi prioritas, tak hanya di kementerian dan lembaga namun juga di Dharma Wanita Persatuan serta asosiasi-asosiasi perempuan lainnya. “Sehingga dengan adanya kegiatan pembinaan guru PAUD ini, diharapkan dapat membina PAUD di tiap-tiap daerah hingga seterusnya di tahun-tahun ke depan dengan baik,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pendidikan karakter anak yang baik dan kuat di usia dini, akan memberikan dampak yang besar saat anak menginjak usia dewasa. “Kita ingin berfokus pada pembangunan karakter, contohnya adalah akhlak mulia. Seperti contoh, mereka yang terdidik dengan karakter yang terbentuk dengan baik, ketika dia bekerja maka dia akan punya karakter yang baik,” jelas Ratna Megawangi Sofyan Djalil.

Baca Juga :   Kantah Banyuwangi Berkomitmen Ikut Amankan Aset NU dan Muhammadiyah

Ketua Umum IKAWATI, Diah Himawan menjelaskan bahwa terkait pembinaan dan pelatihan PAUD ini merupakan rencana untuk program tahun 2022. Terkait rencana teknisnya, pelatihan PAUD binaan ini akan berlangsung di sembilan provinsi sebagai pilot project. “Provinsi yang menjadi pilot project adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur,” tutur Diah Himawan.

Baca Juga :   PT KAI Minta Dukungan Menteri ATR Amankan Aset

Diah Himawan juga menjelaskan, pertemuan ini akan membahas bagaimana PAUD yang akan menjadi calon PAUD binaan, serta bagaimana peran IKAWATI dalam program binaan sehingga program berjalan dengan baik dan berkelanjutan. “Ini tugas mulia kita semua sebagai ibu-ibu IKAWATI dalam kepedulian sosial terutama pendidikan bagi tunas bangsa,” jelasnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati menyampaikan dukungannya terhadap program pembinaan PAUD yang diinisiasi oleh IKAWATI Kementerian ATR/BPN. Ia menyebut bahwa program PAUD binaan menawarkan program yang luar biasa terhadap pendidikan, mengingat pendidikan usia dini adalah salah satu masa penting dalam langkah pendidikan. “Kita sebagai IKAWATI juga turut mendukung program ini dan diharapkan semua ibu-ibu ketua IKAWATI yang ada di sini dapat turut serta menghadirkan program binaan ini,” ujar Yulia Jaya Nirmawati.

Baca Juga :   Ini Alasan Kakanwil BPN Pakai Baret dan Tongkat Komando

Yulia Jaya Nirmawati mengungkapkan, kegiatan Pembinaan PAUD dan parenting yang rencananya akan dilaksanakan di beberapa provinsi mendapat dukungan penuh dari para Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN daerah yang akan menjadi pilot project program ini. “Saat acara GTRA kemarin saya bertemu dengan beberapa Kakanwil dan para Bapak Kakanwil mendukung penuh kegiatan ini. Kita harapkan dengan pelatihan ini, anak didik akan dapat mengembangkan kemampuan diri sehingga menjadi pribadi yang unggul serta kompetitif dan memperkuat perilaku bermoral di tengah masyarakat dengan multikultural yang tinggi,” pungkasnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO