Jokowi Minta Harga Tes PCR Jadi 300 Ribu, Berlaku 3 Hari

JagatBisnis.com – Presiden Jokowi meminta untuk regulasi hasil tes polymerase chain reaction (PCR) diubah. Harga tes PCR berkisar Rp300 ribu. Selain itu, hasilnya bisa berlaku selama 3×24 jam. Karena saat ini, hasil tes PCR hanya berlaku 1×24 jam. Sehingga bisa digunakan untuk perjalanan pesawat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, permintaan penurunan harga dan lama berlakunya hasil tes PCR,
menyusul adanya kewajiban penumpang pesawat wajib menjalani tes PCR.

Berita Terkait

“Kami juga mendengar berbagai kritikan soal penerapan tes PCR sebagai syarat wajib naik pesawat. Namun, akan tetap memberlakukan syarat tersebut sebagai pencegahan Covid-19,” kata Luhut dalam jumpa pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Menurut Luhut, banyak negara yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 pascarelaksasi pembatasan. Padahal, negara-negara itu mempunyai tingkat vaksinasi Covid-19 yang lebih tinggi dari Indonesia. Apalagi, mobilitas masyarakat di Indonesia mulai meningkat.

“Peningkatan akan terus terjadi hingga akhir tahun ini. Adapun, tes PCR untuk syarat perjalanan udara ditujukan untuk menyeimbangkan relaksasi yang dilakukan pada aktivitas masyarakat, terutama pada sektor pariwisata,” ucap Luhut. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button