Hore, Program Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka

JagatBisnis.com – Kabar gembira bagia masyarakat yaang belum pernah mengikuti program Kartu Prakerja. Meski target kuota telah terpenuhi, namun pemerintah tetap akan membuka gelombang selanjutnya yakni gelombang ke 17.

Untuk diketahui, target kuota peserta program Kartu Prakerja adalah sebanyak 2,7 juta orang. Target itu sudah terpenuhi usai dibuka pendaftaran gelombang 16.

Sebanyak 2,7 juta orang peserta ini terbagi dalam gelombang 12 sampai 16. Masing-masing gelombang kuotanya sebanyak 600 ribu orang, hanya gelombang 16 yang sebanyak 300 ribu orang.

“Kami masih memantau kemajuan para penerima Kartu Prakerja dalam membeli pelatihan pertama,” kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, melalui keteranganya, Sabtu (27/3/2021).

Untuk Kartu Prakerja gelombang 17 nanti jumlah kuotanya diambil dari peserta yang tidak membelanjakan dana pelatihannya. Khususnya yang berasal dari gelombang 12.

Dalam aturan yang berlaku, batas waktu membeli program pelatihan berlaku selama 30 hari setelah penetapan. Jika dana pembelian program tidak digunakan dan melewati batas waktu yang ditentukan maka konsekuensinya status kepesertaannya dicabut.

“Untuk gelombang 12 batas akhir pembelian pelatihan pertama adalah 1 April 2021 pukul 23.59 WIB,” ujarnya.

Dengan demikian, Louisa mengatakan ada potensi pihak PMO untuk membuka pendaftaran gelombang 17 jika terbukti ada peserta yang statusnya dicabut karena tidak membelanjakan dana untuk program pelatihan.

“Bila tidak maka kepesertaannya akan dicabut. Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan untuk menampung ini,” ungkapnya.

Melalui program Kartu Prakerja, pemerintah memberikan insentif kepada para pesertanya. Setiap peserta bisa mendapat sebesar Rp 3.550.000. Dari angka tersebut, Rp 1.000.000 tidak bisa diuangkan karena untuk dana pelatihan, jika tidak mengikuti pelatihan maka kepesertaan akan hangus dan uang akan dikembalikan ke kas negara.

Sisanya yakni Rp 2.550.000 bisa dipegang masyarakat jika mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Nantinya, manfaat itu diberikan setelah mengikuti pelatihan yang akan ditransfer Rp 600.000 selama empat bulan, dan jika mengisi survei sebanyak 3 kali akan dapat insentif tambahan sebesar Rp 150.000.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button