Dompet Dhuafa Kuatkan KolaborAksi Bersama Baznas Bazis DKI Jakarta Entaskan Kemiskinan

JagatBisnis.com – Guna memperkuat KolaborAksi Bangun Negeri, Dompet Dhuafa melakukan banyak sinergi dengan lembaga-lembaga terkait. Setelah sukses menjalin sinergi program ketahanan pangan melalui produk pemberdayaan petani, hingga menggelar panen raya pada Agustus lalu, kini Dompet Dhuafa dan Bazis (Baznas) DKI Jakarta kembali berbincang untuk merencanakan program-program apik selanjutnya. Pada Kamis (30/9/2021), Dompet Dhuafa bertandang ke kantor Bazis (Bazis) DKI Jakarta, di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dengan jalinan sinergi antara dua lembaga filantropi yang sama-sama berbasis di Jakarta ini, diyakini akan semakin memperluas manfaat dana-dana zakat, infak, dan sedekah bagi para masyarakat pra-sejahtera.

Hadir dalam agenda silaturahmi tersebut para pengurus serta Direksi Dompet Dhuafa, di antaranya Nasyith Majidi selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR), Yayat Supriyatna selaku Sekretaris Yayasan DDR, Hendri Saparini selaku Bendahara Yayasan DDR, Bambang Suherman selaku Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis, dan Etika Setiawanti selaku Direktur Resources Mobilization. Di lain sisi, para pengurus Bazis (Baznas) DKI yang menyambut kedatangan Dompet Dhuafa di antaranya Saat Suharto Amjad selaku Wakil Ketua II Baznas Bazis DKI Jakarta, Rini Suprihatanti selaku Wakil Ketua III, Ahmad Abubakar selaku Wakil Ketua IV, Ahmad Sholeh selaku Kepala Bidang Pendayagunaan, dan Nurminto selaku Kepala Bidang Keuangan.

“Apa yang bisa Dompet Dhuafa dan Baznas Bazis DKI Jakarta lakukan, pasti ketemu sendiri ketika kita punya frekuensi yang sama. Jika kita tidak punya frekuensi yang sama, saya yakin meskipun duduk bersebelahan seperti ini, tidak akan ketemu. Saya dan rekan-rekan Dompet Dhuafa ini menegaskan bahwa kita sedang dalam frekuensi yang sama, ingin memperkuat lagi kalimat wa ta’awanu ala al-birri wa at-taqwa. Ini yang sedang kami upayakan. Semoga ke depannya semakin banyak masyarakat yang terbantu sebagaimana upaya kita bersama,” terang Nasyith Majidi mengawali pembicaraan.

Berbagai tanggapan yang dikemas dalam diskusi ringan pun dilontarkan. Dari pihak Dompet Dhuafa maupun Baznas Bazis DKI Jakarta saling menyampaikan ide, gagasan, bahkan evaluasi sebagai upaya mencocokkan KolaborAksi yang apik.

“Selain transformasi nama, Baznas Bazis DKI Jakarta juga mengalami transformasi visi-misi. Baznas Bazis DKI memiliki visi menjadi simpul kolaborasi kebaikan dalam memajukan dan membahagiakan warga Jakarta. Dengan begitu, pola kita menjadi berubah juga. Kemudian kita melihat bahwa proses mengamalkan amal saleh itu dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai macam pihak,” ucap Saat Suharto.

Usai bertukar gagasan, Dompet Dhuafa pun mengambil langkah akan siap turut andil mewujudkan ide-ide dan rencana yang akan dikembangkan untuk pemberdayaan mustahik. Dengan begitu, harapannya hal yang menjadi tujuan seluruh lembaga zakat akan terwujud dengan baik, yaitu mengentaskan masyarakat kecil dari kemiskinan. Selain itu, Dompet Dhuafa juga berharap apa yang akan dilakukan bersama Baznas Bazis DKI ini nantinya dapat diduplikasi oleh lembaga-lembaga zakat lainnya di seluruh Indonesia.

“Jadi kolaborasi kebaikan itu memang harus dilakukan dengan siapapun. Saya melihat hal-hal besar yang disampaikan oleh Baznas Bazis DKI tadi, bahwa Dompet Dhuafa siap untuk berkolaborasi. Kita memberikan pemberdayaan ekonomi kepada para penerima manfaat tidak hanya sekadar memberikan membantu saja, melainkan kita gunakan cara yang sedemikian rupa sehingga mereka juga naik marwah. Saya kira ini akan menjadi kemewahan baik bagi si penerima manfaat maupun bagi Dompet Dhuafa dan Baznas Bazis DKI sebagai amil zakat, juga para muzakki,” imbuh Nasyith menjelang pamitan.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button