DKI Siapkan 120.050 Dosis Vaksin Covid-19

jagatBisnis.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerima 120.050 dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Pengiriman vaksin dilakukan secara 2 tahap. Tahap pertama, telah diterima sekitar 39.200 dosis vaksin Covid-19, pada Senin (04/01/2021). Sedangkan, tahap kedua, vaksin akan dikirimkan pada Kamis (07/01/2021) sebanyak 80.850 dosis vaksin.

“Pengiriman vaksin tahap pertama sudah masuk ke Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Sesuai arahan pemerintah pusat, vaksin tahap pertama bakal diberikan kepada sejumlah tenaga kesehatan yang menangani pandemi virus corona di fasilitas kesehatan. Sementara, untuk warga akan dilakukan bertahap,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati di Jakarta, Selasa (05/01/2021).

Secara terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 453 fasilitas kesehatan untuk tempat pelaksanaan vaksin Covid-19. Tahap pertama, sebanyak 119.145 tenaga kesehatan alan divaksinisasi. Kapasitas penyuntikan vaksin dalam sehari ditargetkan mencapai 20.473 orang.

“Sasaran vaksin bersifat dari pemerintah pusat, dengan memakai berbagai sumber data dari Sistem Informasi SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, penerima vaksin tahap pertama sesuai petunjuk teknis pemerintah pusat adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas kesehatan.

“Tenaga kesehatan yang menjadi sasaran program vaksin tahap pertama akan menerima SMS dari ID pengirim Peduli Covid. Setelah itu penerima vaksin yang sudah menerima SMS harus melakukan registrasi dan verifikasi. Sasaran yang tidak memiliki HP akan dikompilasi datanya untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan lurah, kepala dusun, ketua RT/RW serta Puskesmas setempat,” ujar Riza.

Menurutnya, para penerima vaksin bisa memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal vaksinasi. Sistem informasi satu data vaksinasi Covid-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada masing-masing penerima vaksin yang telah diverifikasi. Rencana vaksinasi di Jakarta dilakukan antara minggu kedua dan ketiga bulan Januari 2021.

“Vaksinasi Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada 181,5 juta warga Indonesia. Pemerintah menargetkan proses tersebut rampung dalam waktu 15 bulan,” pungkasnya. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button