Bea Cukai Mataram Lakukan Koordinasi Percepatan Pembangunan KIHT

JagatBisnis.com – Bea Cukai Mataram gandeng pemerintah daerah di wilayah Lombok dalam rangka pembangunan kawasan industri hasil tembakau (KIHT). Koordinasi dilakukan untuk memaparkan manfaat dari pembangunan KIHT yang dapat dirasakan tidak hanya bagi pemerintah melainkan terutama bagi para pengusaha hasil tembakau untuk dapat menjalankan usahanya secara legal.

Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy menyatakan dukungannya terkait rencana pembangunan KIHT. Rencananya, KIHT akan dibangun di daerah Paok Motong dengan luas sekitar 1,5 hektar. “Rencana pembangunan KIHT ini juga sejalan dengan upaya industrialisasi di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB),” ungkap Azmy.

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, I Putu Alit Ari Sudarsono menyatakan bahwa tren produksi hasil tembakau di Lombok terus mengalami peningkatan sehingga KIHT dirasa perlu dibangun sebagai wadah pengusaha hasil tembakau, “saat ini kami tengah memformulasikan manfaat dalam menjalankan usaha KIHT di Lombok sebelum nantinya akan dipublikasikan kepada para pengusaha hasil tembakau,” ungkap Ari.

Dalam koordinasi yang dilakukan bersama dengan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi NTB, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Provinsi NTB, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NT, Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, dan Dinas Perindustrian Provinsi NTB tersebut juga dibahas terkait pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau, perkiraan biaya pembangunan, legalitas dana, serta aset yang digunakan untuk pembangunan KIHT.

“Kami berharap upaya pembangunan KIHT Lombok ini dapat segera terlaksana agar dapat bermanfaat sebesar-besarnya dalam membantu perekonomian masyarakat,” tutup Ari. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button