Warga Diminta Waspada saat Beraktivitas di Dekat Jaringan Listrik

JagatBisnis.com PLN UID Jawa Tengah dan DIY mengimbau masyarakat untuk waspada ketika beraktivitas di dekat jaringan listrik. Ini jadi salah satu upaya untuk meminimalisir kecelakaan pada masyarakat. Warga diminta untuk memperhatikan jarak aman saat berkegiatan di sekitar jaringan listrik.

“Kami berharap masyarakat tetap menjaga jarak aman saat beraktivitas atau bekerja di sekitar jaringan listrik PLN. Untuk Jaringan Tegangan Menengah (TM) 20 KV jarak amannya adalah 3 meter dari jaringan listrik, begitu juga Jaringan Tegangan Rendah (TR) 380V jarak amannya adalah 3 meter,” ujar General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi, dalam keterangan, Selasa (20/2/2024).

Berikut ini hal yang harus diperhatikan saat beraktivitas di dekat jaringan listrik:
Hindari adanya kegiatan pembangunan yang mendekati jaringan listrik;
Tidak bermain layang-layang dekat jaringan listrik;
Tidak menerbangkan balon udara dekat jaringan listrik;
Hindari menanam pohon di bawah / dekat dengan jaringan listrik;
Tidak mendirikan antena TV, tiang bendera, tiang besi, umbul-umbul ataupun sejenisnya yang berdekatan dengan jaringan listrik;
Hindari menyambung aliran listrik tidak sesuai ketentuan;
Segera melapor ke PLN jika terdapat pohon/ benda yang mengganggu jaringan listrik.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Ketua Banggar Terkait Asal Usul Wacana Hapus Daya Listrik 450 VA

PLN juga mengimbau agar seluruh pihak berkoordinasi terlebih dahulu dengan PLN sebelum melaksanakan kegiatan yang berisiko terjadi singgungan dengan jaringan listrik.

Baca Juga :   PLN Suplai 5,92 MVA Listrik di Ajang World Superbike

“Apabila masyarakat ada yang akan melakukan aktivitas di dekat jaringan listrik seperti kegiatan pembangunan, penebangan pohon dekat jaringan listrik, bisa berkoordinasi dengan kami atau PLN terdekat,” imbuh Soffin. (tia)

MIXADVERT JASAPRO