KPU Klaim Situsnya Alami Ratusan Juta Serangan

JagatBisnis.com –  Anggota KPU Divisi Data dan Informasi, Betty Epsilon Idroos mengakui KPU menerima banyak serangan siber ke situs KPU. Serangan ditujukan, kata Betty, ke situs utama KPU, yakni kpu.go.id.

“Ada ratusan juta DDoS itu menyerang, saya enggak bilang puluhan, bukan satuan. Tapi ratusan juta serangan ke website KPU, luar biasa,” kata Betty kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/2) malam.

DDoS adalah distributed denial-of-service yakni serangan yang menargetkan situs web dan server dengan mengganggu layanan jaringan.

Baca Juga :   KPU Tetap Ingin Kampanye Pemilu 2024 120 Hari

Betty mengatakan situs KPU berisikan informasi, bukan hasil rekapitulasi suara. Meski begitu, serangan lebih banyak ke situs utama tersebut.

Lebih lanjut, Betty menyebut pihaknya langsung tanggap untuk menangkal serangan siber tersebut.

Baca Juga :   Jumlah Pemilih Muda Jelang Pemilu 2024 Capai 107 Juta

“Kondisi itu memang langsung dilakukan penanganan oleh KPU satgas keamanan siber pun sudah standby,” ujarnya.

“Alhamdulillah hari ini sekarang sudah mulai recovery untuk website kpu.go.id. Jadi mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada pukul 07.00 WIB, situs tersebut masih bisa diakses. Kemudian, situs KPU tidak bisa diakses dengan keterangan “sedang dalam pemeliharaan”.

Baca Juga :   Caleg dan Parpol Dilarang Pakai Kalimat Ajakan ‘Coblos’ di Baliho

Tidak bisa diaksesnya situs resmi KPU ini bertepatan dengan telah berakhirnya pemungutan suara di Indonesia bagian barat, banyak di antaranya juga telah melakukan penghitungan.

Saat ini, pantauan hingga Kamis (15/2) pukul 10.00 WIB situs KPU sudah bisa dibuka kembali. (tia)

MIXADVERT JASAPRO