Warga Diminta Tak Panic Buying Jelang Imlek dan Lebaran

Ilustrasi Foto: Liputan6.com

JagatBisnis.com –  Pemerintah Kota Pontianak sedang gencar-gencarnya menerapkan ‘Belanja Bijak’ bagi masyarakat yang ada di Kota Pontianak.

‘Belanja Bijak’ merupakan gerakan yang mengajak untuk warga Pontianak khususnya menjelang hari raya keagamaan seperti Imlek dan Idul Fitri agar tidak melakukan panic buying.

Mulyadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan stok bahan pangan yang dibutuhkan dan harus bijak dalam membeli.

Baca Juga :   Berkah Lebaran, Omzet UMKM Bakal Melesat 60 Persen

“Sejauh ini, lonjakan harga dapat diantisipasi dengan berbagai langkah. Seperti gerakan menanam oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pontianak,” kata Mulyadi saat ditemui sedang memantau beberapa lokasi pasar, pada Kamis, 18 Januari 2024.

Mulyadi menambahkan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pontianak sudah membuat Surat Edaran (SE) Pejabat (Pj) Wali Kota tentang ‘Belanja Bijak’ sehingga masyarakat tidak perlu panic buying dan dapat belanja sesuai kebutuhan.

Baca Juga :   Jelang Lebaran 2022, 144.392 Petugas Jaga Masjid hingga Pusat Perbelanjaan Diterjunkan

Untuk menekan inflasi, Pemkot memperkuat operasi pasar murah di seluruh kecamatan di Pontianak. Operasi pasar murah bekerja sama dengan penyedia bahan pokok, kemudian akan dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga :   Hari Ini Umat Islam di China Rayakan Idul Fitri

“Kita mengimbau ASN Pemkot Pontianak untuk terus menanam di pekarangan rumah. Apa yang ditanam? Bisa cabai, sayur, termasuk salah satu upaya menekan harga. Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Pontianak juga terus membina petani sejak dari bibit hingga panen,” tukasnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO