Libur Natal, Kawasan Puncak Dipenuhi Enam Ribu Kendaraan

JagatBisnis.com Sejumlah hampir enam ribu kendaraan dilaporkan telah memasuki kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, saat libur Perayaan Natal pada Senin (25/12). Antrean kendaraan pun terpantau mengular di berbagai arah.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Satlantas Polres Bogor dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), tercatat ada lebih dari 5.819 kendaraan yang masuk kawasan Puncak Bogor.
Angka ini terhitung dari pukul 05.02 WIB hingga pukul 08.00 WIB, dengan jumlah sebanyak 3.138 kendaraan roda dua, 2.509 roda empat dan bus/truk 172 kendaraan.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, mengungkapkan kepadatan lalu lintas ini telah terjadi sejak pagi. Antrean kendaraan pun terpantau cukup panjang di KM 4 4 hingga ke Simpang Gadog.

Baca Juga :   Pelabuhan Merak H-3 Mulai Dipadati Kendaraan Berat

“Kendaraan yang masuk dari Jakarta menuju Puncak maupun Ciawi-Puncak sudah cukup ramai, 7.30 sudah terjadi antrean di masing-masing arah,” ujar Ardian, seraya menambahkan pihaknya telah menerapkan sistem one way ke Puncak.

Baca Juga :   Jelang Libur Nataru, Pemkot Kendari Tiadakan Libur Sekolah

“7.30 kami laksanakan one way dari Jakarta menuju Puncak, ditutup arah bawah [Jakarta] di Riung Gunung,” jelasnya.

Selain itu, kata Ardian, guna mengurai kemacetan polisi menerapkan ganjil-genap dan membuat jalur contraflow dari keluar exit tol Ciawi hingga KM 46,500.

Baca Juga :   Disdik DKI Jakarta Larang Guru dan Siswa Liburan Nataru

Jalur contraflow dilakukan guna mengantisipasi kendaraan yang akan menuju Ciawi-Sukabumi, agar tidak macet tertahan oleh rekayasa lalu lintas ganjil-genap.

Pantauan di lokasi, hingga berita ini dirilis one way masih diterapkan dari arah Jakarta menuju Puncak. Penerapan sistem itu akan berlangsung secara situasional. (tia)

MIXADVERT JASAPRO