Gibran Akui Sudah Punya Persiapan saat Debat Nanti

Gibran Rakabuming Raka Foto: TEMPO.co

JagatBisnis.com Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan siap menghadapi debat capres. Debat perdana tersebut akan dilaksanakan pada 12 Desember 2023 di Jakarta.

“Ya, sudah dipersiapkan,” ucap Gibran saat ditemui di Kantor Balai Kota Solo pada Jum’at (1/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Gibran juga meminta doa agar jalannya debat perdana Capres-Cawapres berjalan lancar. “Mohon doanya, semoga lancar,” katanya.

Namun putra sulung Presiden Jokowi itu tak menjelaskan secara rinci materi yang sedang dia pelajari untuk menghadapi debat Capres-Cawapres. “Sudah dipersiapkan. (Kolaborasi dengan Pak prabowo?) Ya,” tandas Gibran.

Baca Juga :   Soal Gibran Cawapres, Pakar: Bagian dari Nepotisme

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan jadwal kampanye metode debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Rencananya, debat perdana akan berlangsung Selasa (12/12/2023). “Iya benar,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat dikonfirmasi awak media di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Debat pertama digelar pada 12 Desember 2023. Kedua di tanggal 22 Desember 2023. Debat ketiga digelar 7 Januari 2024. Selanjutnya, debat keempat di tanggal 21 Januari 2024 dan terakhir 4 Februari 2024.

Baca Juga :   Pimpin Upacara Hari Santri, Gibran Rakabuming Pakai Sarung

Sebagai kandidat paling muda, Gibran banyak diragukan sejumlah pihak bakal mampu berdebat. Sebab, lawan bicaranya nanti adalah Muhaimin Iskandar yang seorang ketum partai dan sudah menduduki posisi penting, sarat pengalaman. Demikian juga Mahfud MD, seorang profesor hukum yang sudah pernah memimpin lembaga besar seperti Mahkamah Konstitusi (MK).

Ramainya keraguan yang mengarah ke cibiran ini, langsung ditepis oleh Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Sufmi Dasco Ahmad.

Baca Juga :   Alasan Gibran Tak Hadiri Dialog Muhammadiyah

Dasco meyakini pengalaman Gibran di pemerintahan tak perlu diragukan. Sebab, saat ini putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu merupakan Wali Kota Solo yang langsung dipilih oleh rakyat. Dengan begitu, Dasco meyakini Gibran dapat mempersiapkan debat tersebut dengan matang.

“Ada anggapan-anggapan mas Gibran takut debat, kita lihat saja nanti!” kata Dasco di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (30/11/2023). (tia)

MIXADVERT JASAPRO