Timnas U23 Indonesia Kalah 0-1 dari Guinea, STY Kena Kartu Merah

Jagatbisnis.com – SEPAK BOLA – Timnas U23 Indonesia menelan kekalahan 0-1 dari Guinea dalam laga playoff Olimpiade 2024. Laga timnas Indonesia vs Guinea dalam jadwal playoff Olimpiade 2024 bergulir di Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Guinea membobol gawang timnas U23 Indonesia melalui tendangan penalti Ilaix Moriba pada menit ke-29.

Sementara itu, pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, tak bisa mendampingi Garuda Muda sampai akhir laga karena menerima kartu merah pada menit ke-75 imbas protes keras setelah wasit memberikan penalti bagi Guinea.

Dengan demikian, kekalahan dari Guinea membuat timnas U23 Indonesia dipastikan belum berhasil ke Olimpiade 2024.

Baca Juga :   Saksikanlah, Duel Timnas U-23 Vs Australia Hari Ini

Jalannya pertandingan

Guinea langsung memberikan ancaman ke lini pertahanan timnas Indonesia melalui tendangan Aguibou Camara pada menit ke-3.

Beruntung bagi timnas Indonesia, bola hasil sepakan Aguibou Camara masih melambung tipis dari gawang yang dijaga Ernando Ari.

Pada menit ke-18, timnas U23 Indonesia melakukan serangan cepat. Pratama Arhan pun menerima bola di sisi kiri permainan Guinea.

Pratama Arhan lantas melepaskan tembakan memakai kanan. Namun, kiper Guinea, Soumaila Sylla, mampu menangkap bola tendangan Arhan.

Witan Sulaeman lalu mendapatkan perawatan dari tim medis setelah dirinya berbenturan kepala dengan pemain Guinea, Issiaga Camara.

Guinea mendapatkan penalti setelah Witan melanggar Algassime Bah pada menit ke-28. Ilaix Moriba, yang merupakan jebolan Barcelona, lalu maju sebagai algojo penalti.

Baca Juga :   FIFA akan Lakukan Reformasi dan Transformasi Sepak Bola Indonesia

Moriba berhasil menjalankan tugas dengan baik seusai sepakannya ke arah tengah masuk ke gawang timnas U23 Indonesia pada menit ke-29.

Tidak ada gol lagi tercipta. Kondisi itu membuat Guinea menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas timnas Indonesia.

Berlanjut ke babak kedua, Nathan Tjoe-A-On melakukan penyelamatan krusial guna mengagalkan peluang Guinea pada menit ke-52.

Saat itu, Alseny Soumah melepaskan tendangan keras ketika gawang timnas U23 Indonesia tanpa kawalan Ernando.

Nathan lalu dengan cepat menyapu bola hasil tembakan Alseny Soumah. Timnas U23 Indonesia lalu mendapatkan peluang melalui sundulan Alfeandra Dewangga pada menit ke-60.

Baca Juga :   Usai Dikalahkan Australia, Shin Tae-yong Punya Satu Permintaan ke Timnas U-23

Akan tetapi, tandukan Dewangga masih melebar dari gawang Guinea. Guinea kembali mendapatkan penalti setelah Dewangga dinilai melanggar Algassime Bah di kotak terlarang.

Shin Tae-yong lalu melakukan protes keras. Akan tetapi, pelatih asal Korea itu diberikan kartu merah oleh wasit Francois Letexier pada menit ke-75.

Algassime Bah kemudian maju menjadi eksekutor. Pemain berumur 21 tahun itu gagal menjalankan tugas karena sepakannya mengenai tiang.

Meski begitu, timnas U23 Indonesia tak bisa mengejar ketertinggalan dan belum berhasil menciptakan peluang hingga akhir sehingga mesti menerima kenyataan kalah 0-1 dari Guinea. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO