Ada Demo di Jakarta Pusat, 400 Polisi Dikerahkan

JagatBisnis.com Sejumlah aksi demonstrasi digelar di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (1/12). Ratusan personel kepolisian dari Polres Jakarta Pusat dikerahkan untuk pengamanan demo.

Salah satunya adalah demo mahasiswa Papua yang berlangsung di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat hingga kawasan Patung Kuda. Demontrasi tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan keterangan yang kami terima, demo dihadiri 60 orang dari Front Rakyat Indonesia untuk West Papua dan Aliansi Mahasiswa Papua.

Baca Juga :   Demo Memanas, Akses Bandara di Prancis Diblokir

“Sedang ada demo Papua, sekarang sudah dibuka [Jalan Ridwan Rais ke arah Balai Kota],” ujar Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melalui pesan singkat, Jumat (1/12).

Baca Juga :   Dua Orang Tewas akibat Ricuh Unjuk Rasa di Yahukimo

Susatyo menyebut, dalam pengamanan demo tersebut, diterjunkan sebanyak 400 personel petugas kepolisian.

“Pasukan 400 [personel],” sebut Susatyo.

Di kesempatan terpisah, Kasi Humas Polres Jakpus, AKP Dwi Hardono mengatakan bahwa demo mahasiswa Papua itu membawa tuntutan tentang kemerdekaan Papua Barat.

Baca Juga :   Dipecat Sepihak Saat COVID-19, Puluhan Sopir Ambulans Pakai APD Kepung Kantor Anies Baswedan

“Hormati hak menentukan nasib sendiri rakyat Papua, 62 tahun penjajahan Pemerintah RI terhadap West Papua,” sebut Dwi.

Selain demontrasi tersebut, ada sejumlah demo lainnya yang berlangsung di sekitar kawasan itu. Terkait rekayasa lalu lintas sifatnya akan situasional, tergantung dengan situasi unjuk rasa.
“Situasional,” singkat Dwi. (tia)

MIXADVERT JASAPRO