OJK Masih Batasi Izin PayLater Akulaku, Tunggu Akulaku Selesaikan Syarat

Ilustrasi Paylater Akulaku Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih memberlakukan pembatasan kegiatan usaha tertentu (PKUT) pada produk PayLater milik PT Akulaku Finance Indonesia. Pembatasan ini dilakukan karena OJK menemukan sejumlah pelanggaran dalam praktik usaha Akulaku.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura dan Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Agusman mengatakan, pembatasan usaha bisa dicabut tergantung dari upaya Akulaku menyelesaikan syarat yang harus dipenuhi.

“Tergantung mereka (kapan pembatasan dicabut). Kalau mereka cepat, ya selesai,” kata Agusman saat ditemui di Gedung DPR, Rabu (22/11).

Baca Juga :   Jika Tak Ingin Kena Tipu, Cek Legalitas Investasi via OJK

Agusman mengaku pihak Akulaku sering mendatangi OJK untuk menyelesaikan regulasi Buy Now Pay Later (BNPL) sesuai ketentuan manajemen risiko dan tata kelola.

Baca Juga :   Relaksasi Kredit Masih Tersisa Rp405 Triliun, Ini Langkah OJK

“Kita sedang mengerjakan action plan. Setiap hari mereka datang,” tuturnya.

Baca Juga :   Marak Investasi Ilegal, OJK Diminta Beri Edukasi Masyaraka

OJK telah memberikan surat pembinaan kepada seluruh perusahaan pembiayaan yang menyalurkan BNPL untuk meminta seluruh perusahaan terus memperbaiki dan melakukan proses underwriting dengan memperhatikan penerapan aspek manajemen risiko, tata kelola perusahaan baik dan manajemen risiko teknologi informasi sesuai ketentuan yang berlaku. (tia)

MIXADVERT JASAPRO