Dewas KPK Periksa Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri Foto: CNN Indonesia

JagatBisnis.com Firli Bahuri memenuhi pemeriksaan Dewan Pengawas (Dewas) KPK hari ini, Senin (20/11). Dia akan dimintai keterangan terkait foto bersama Syahrul Yasin Limpo (SYL) serta dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan itu.

Firli Bahuri tiba di Gedung Dewas sekitar pukul 10.08 WIB. Ketua KPK itu menuju Dewas setelah melakukan jumpa pers menjelaskan pemeriksaannya di Bareskrim Polri beberapa waktu lalu.

Setibanya di Dewas, Firli tak banyak memberikan pernyataan. Dia langsung memasuki lobi Gedung Dewas KPK sambil melambaikan tangan.

Baca Juga :   Dewas KPK Hari Ini Periksa Ketua KPK Firli Bahuri Dkk

Firli Bahuri datang ditemani sejumlah pengawalnya. “Tadi sudah saya sudah jelaskan, ya,” kata Firli Bahuri.

Jadwal pemeriksaan Firli Bahuri hari ini menjadi yang ketiga setelah dua panggilan sebelumnya dia tak hadir. Panggilan pertama pada 27 Oktober 2023. Dengan alasan ada agenda lain, Firli Bahuri minta pemeriksaan dijadwalkan ulang setelah tanggal 8 November 2023.

Baca Juga :   Sudah Ketiga Kalinya Dewas KPK Panggil Firli Bahuri, Akan Hadir?

Pemeriksaan kemudian dijadwalkan ulang untuk 13 November 2023, tapi Firli Bahuri tetap tak hadir. Alasannya, dia kukuh hadir sesuai jadwal panggilan Dewas, 14 November.

Saat itu, Dewas memang memanggil untuk 14 November – yang juga bertepatan dengan pemeriksaan Firli di Polda – tapi Dewas meminta percepatan jadi 23 November karena hari itu ada acara persiapan raker. Permintaan Dewas diabaikan Firli Bahuri dan kukuh diperiksa 14 November.
Alhasil, Firli Bahuri batal diperiksa dan dijadwalkan ulang untuk hari ini.

Baca Juga :   Firli Bahuri Cs Tak Mau Diperiksa Ombudsman

Terkait dugaan pemerasan, Polda Metro Jaya sedang mengusutnya secara pidana. Firli Bahuri sudah beberapa kali diperiksa. Bahkan kediamannya pun telah digeledah.

Belum ada tersangka yang ditetapkan oleh penyidik. Firli Bahuri membantah soal pemerasan itu. (tia)

MIXADVERT JASAPRO