Berita  

Film Indonesia ‘Tegar’ Menyentuh Hati Ratusan Anak di Chicago, Meraih Sukses di Festival Internasional

Film Tegar Foto Beautynesia

JagatBisnis.comRatusan anak usia sekolah dasar-menengah di Chicago, Amerika Serikat, menghadiri nobar film “Tegar” di Chicago History Museum sebagai bagian dari rangkaian Chicago International Children Film Festival (CICFF) ke-40. Film ini, yang berasal dari Indonesia, berhasil memukau penonton dengan kisah inspiratif tentang perjuangan seorang anak penyandang disabilitas, Tegar, yang menunjukkan bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk bermain, sekolah, dan memiliki kehidupan yang bermartabat.

Baca Juga :   Penangkapan Perempuan di Chicago yang Diduga Ancam Menembak Donald Trump

Dalam sesi tanya jawab setelah pemutaran film, antusiasme anak-anak terlihat saat mereka bertanya tentang karakter asli Tegar, hubungannya dengan teman-teman dan keluarganya, serta tantangan dalam proses produksi film. Film “Tegar” sendiri disutradarai oleh Anggi Frisca, dengan bintang utama M. Aldifi Tegarajasa, seorang aktor cilik penyandang disabilitas berusia 12 tahun, bersama Deddy Mizwar dan Ine Febriyanti.

Proses produksi film ini memakan waktu sekitar dua tahun, dengan fokus pada inklusivitas dan memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas. Anggi Frisca, sutradara “Tegar”, menekankan pentingnya memberikan kesempatan dan dukungan kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan kesempatan yang setara dengan anak-anak lainnya.

Baca Juga :   Penembakan di Acara Halloween di Chicago, 14 Orang Terluka

Konsul Jenderal RI Chicago, Listyowati, serta staf KJRI Chicago hadir untuk memberikan dukungan dan apresiasi pada pemutaran film tersebut. Listyowati menekankan bahwa film ini bukan hanya sebuah karya seni, tetapi juga alat diplomasi budaya yang dapat memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Amerika Serikat.

Baca Juga :   Tujuh Film Indonesia Terpilih untuk Tayang di IFFR 2023 Belanda

Sebelum pemutaran di Chicago, “Tegar” telah meraih sejumlah penghargaan di festival-festival film internasional, seperti Best Young Actor in A Feature Film di Cannes World Film Festival 2022. Film ini juga telah menjadi perwakilan Indonesia dalam festival-festival internasional di Jepang, Iran, dan akan berpartisipasi di Austria pada Desember 2023.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO