Berita  

Vladimir Putin: Tidak Ada Dialog Dengan Barat, Tanpa Ada Kesetaraan

jagatbisnis.com – MOSKOW – Vladimir Putin, mendapatkan sambutan hangat dari pendukungnya, pada saat pelantikan untuk masa jabatan presiden baru selama enam tahun. Kemeriahan pelantikan ini mempunyai pesan bermata dua bagi Barat: Kremlin siap untuk berunding namun Rusia bersiap meraih kemenangan di Ukraina.

Media Barat menyebut sambutan warga Rusia dan penghormatan terhadap Putin layaknya seorang Tsar, Rusia

Putin, yang naik ke puncak Kremlin hanya delapan tahun setelah jatuhnya Uni Soviet, akan mengambil alih posisi Josef Stalin dan menjadi penguasa Rusia yang paling lama menjabat sejak Permaisuri Catherine yang Agung jika ia menyelesaikan masa jabatannya.

Mantan mata-mata KGB berusia 71 tahun ini memancarkan kepercayaan diri terhadap pelantikan yang dirancang dengan hati-hati, yang dianggap oleh Barat dan para penentangnya, yang sebagian besar berada di penjara atau di luar negeri, sebagai contoh demokrasi yang menutupi otokrasi Rusia yang korup.

Saat para elit Rusia menunggu di Aula Saint Andrew di Istana Agung Kremlin, tempat takhta kekaisaran dulu berada, Putin mempelajari dokumen-dokumen di kantornya sebelum berjalan menyusuri koridor Kremlin untuk memberi hormat kepada para penjaga, bahkan berhenti untuk tanpa tergesa-gesa mempelajari sebuah gambar. dinding.

“Kami tidak menolak dialog dengan negara-negara Barat,” kata Putin setelah dilantik, seraya menambahkan bahwa ia siap untuk melakukan pembicaraan mengenai keamanan dan stabilitas strategis, tetapi hanya jika tidak ada “kesombongan” dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Baca Juga :   Pertemuan Tertinggi Vladimir Putin dengan Para Pemimpin Militer Rusia Mengundang Spekulasi tentang Nasib Perang di Ukraina

Pemimpin penting Rusia selama lebih dari 24 tahun ini menjanjikan kemenangan dan mengatakan seluruh rakyat Rusia kini “bertanggung jawab terhadap sejarah seribu tahun dan nenek moyang kita.”

Dia meninggalkan upacara dengan musik “Salam” dari opera “A Life for the Tsar” karya Mikhail Glinka. Kata-kata “Salam, salam, Rusiaku! Salam, kamu adalah tanah Rusiaku” terdengar di Kremlin. Kata aslinya adalah “Salam, salam, tsar Rusia kami!”.

“Otoritas presiden kita lebih tinggi dari sebelumnya – lebih tinggi dari presiden Amerika, bahkan lebih tinggi dari tsar Rusia. Banyak hal bergantung pada presiden kita,” kata pemimpin Partai Komunis Gennady Zyuganov.

PERANG

 

Invasi Putin ke Ukraina pada tahun 2022 memicu kerusakan terburuk dalam hubungan antara Rusia dan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962. Rusia maju di garis depan dan produksi artilerinya melampaui aliansi NATO.

Negara-negara Barat memandang Putin sebagai seorang otokrat, penjahat perang, pembunuh, dan bahkan, seperti yang dikatakan Presiden AS Joe Biden awal tahun ini, ia adalah seorang “SOB gila” yang menurut para pejabat AS telah memperbudak Rusia dalam kediktatoran yang korup.

Baca Juga :   Presiden Rusia Vladimir Putin Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo-Gibran atas Kemenangan Pemilu 2024

Putin menyebut perang tersebut sebagai bagian dari pertarungan eksistensial melawan negara-negara Barat yang mengalami kemunduran dan dekadensi, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia setelah runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 dengan melanggar wilayah yang ia anggap sebagai wilayah pengaruh Moskow, termasuk Ukraina.

Sergei Naryshkin, kepala Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR), mengatakan kepada Reuters bahwa pidato Putin adalah undangan kepada Barat untuk memulai dialog.

“Di satu sisi, ini merupakan ajakan kepada Barat untuk melakukan kerja sama yang setara dan di sisi lain, ini merupakan keyakinan kuat bahwa Rusia akan menjamin pembangunan dan keamanannya sendiri,” kata Naryshkin.

Bagaimana jika Barat tidak mau bicara? “Kalau begitu biarkan mereka berpikir,” kata Naryshkin sambil tersenyum.

Sinyal tersebut muncul hanya sehari setelah Putin memerintahkan latihan untuk mempraktikkan penyebaran senjata nuklir taktis setelah apa yang dikatakan Moskow sebagai ancaman dari Perancis, Inggris dan Amerika Serikat.

Saran Putin mengenai gencatan senjata di Ukraina untuk membekukan perang ditolak oleh Amerika Serikat setelah terjadi kontak antar perantara, Reuters melaporkan pada bulan Februari.

RUSIA

 

Di Rusia, perang telah membantu Putin mempererat kekuasaannya dan meningkatkan popularitasnya di mata masyarakat Rusia. Menurut hasil resmi, ia memenangkan 88% suara pada pemilu bulan Maret.

Baca Juga :   Para Tentara Bayaran Rusia Mendapatkan Amunisi Lagi, Damai dengan Putin?

Amerika Serikat menyatakan tidak akan mengirimkan siapa pun untuk mengambil sumpah dan pemilu tersebut tidak berlangsung bebas dan adil, namun AS masih menganggap Putin sebagai presiden Rusia.

Inggris, Kanada, dan sebagian besar negara Uni Eropa memboikot acara tersebut, sebuah tindakan yang dianggap tidak ada gunanya oleh para pejabat tinggi Rusia dan tidak ada artinya bagi siapa pun kecuali Barat.

Poin utama dari pidato singkat Putin adalah: bahaya pergolakan dan stagnasi, dan bahwa peradaban unik Rusia harus berkembang seiring dengan transformasi dunia.

Sergei Kiriyenko, wakil kepala staf pertama Putin, mengatakan kepada Reuters bahwa pemilu tersebut merupakan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah pemilu Rusia dan mengindikasikan tingkat baru “konsolidasi internal”.

Sergei Chemezov, yang bekerja dengan Putin di Jerman Timur dan merupakan sekutu dekatnya, mengatakan bahwa Putin telah membawa stabilitas, sesuatu yang bahkan harus disambut baik oleh para pengkritiknya.

“Bagi Rusia, ini adalah kelanjutan dari jalan kami, ini adalah stabilitas – Anda dapat bertanya kepada warga mana pun yang berada di jalan,” kata Chemezov. Negara-negara Barat, katanya, “akan memahami bahwa Putin adalah stabilitas bagi Rusia dan bukan semacam orang baru.”

Tidak ada penerus yang jelas. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO