Rice Cooker Gratis dari Pemerintah Dijamin Tersalurkan Bulan Ini

Rice Cooker Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Kementerian ESDM memastikan program pembagian 500 ribu rice cooker gratis kepada masyarakat akan tersalurkan mulai November 2023, meskipun saat ini masih dalam tahap pengadaan dan kontrak dengan produsen.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan realisasi penyaluran rice cooker tengah berjalan saat ini. Dia memastikan program ini tidak mundur di tahun depan.

“Ya dari sekarang kita melakukan realisasi, tapi kan ada tahapan. Tahapannya itu proses pengadaan, ada kontrak,” jelasnya saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Senin (13/11).

Dadan enggan membeberkan apakah sudah ada rice cooker yang diterima oleh masyarakat. Pasalnya, proses pengadaan masih berlangsung dan sudah ada beberapa produsen yang teken kontrak.

“Kalau persisnya saya juga enggak begitu paham berapa produsen, tapi prosesnya itu semua lewat proses pengadaan dan dibuka dalam e-catalog. kan pabriknya juga ada di kita semua,” jelasnya.

Baca Juga :   Kontraktor Pemerintah AS Ditangkap atas Tuduhan Mata-mata untuk Ethiopia

Dia juga tidak bisa memastikan berapa lama proses pengadaan berlangsung dan tenggatnya. Hanya saja, pemerintah sudah melakukan market sounding kepada para produsen sejak 2 bulan lalu.

“Malah hampir 2 bulan lalu sudah kita umumkan, lalu prosesnya lewat e-catalog silakan siap-siap, tapi basisnya kan nanti tetap kontrak. Sekarang sudah beberapa ada yang kontrak,” tuturnya.

Dadan menyebutkan, proses kontrak harus dilakukan untuk mengejar sisa tahun ini yang kurang lebih tinggal 1 bulan lagi. Dengan demikian, dia memastikan penyaluran sudah bisa dilakukan di November 2023.

“Ya kita berusaha secepatnya mulai November ini. Kita kirimkan langsung kan kita kontraknya dengan dia (produsen) ngirim, dikirimkan ke sesuai alamatnya itu,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pemerintah Diminta Stabilkan Harga Sembako

Sebelumnya, sejumlah perusahaan elektronik bakal ikut pengadaan rice cooker gratis sebanyak 500 ribu unit di tahun ini. Rice cooker gratis itu rencananya didistribusikan pemerintah mulai November 2023.

Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), Daniel Suhardiman, mengatakan ada beberapa perusahaan yang sudah dan sedang dalam konfirmasi ikut pengadaan rice cooker gratis.

“Masih belum confirm, tapi sepertinya yang akan join minimal ada Sanken, Polytron, Cosmos,” ungkap Daniel saat dihubungi pada Senin (23/10).

Ketersediaan Rice Cooker Dijamin

Keterangan dari Kementerian ESDM dan Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) tersebut tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat yang menunggu penyaluran rice cooker gratis. Pemerintah memastikan bahwa program ini akan terlaksana di bulan November 2023, meskipun saat ini masih dalam tahap pengadaan.

Baca Juga :   Pemerintah Raih Rp 7,8 T dari Lelang 7 Seri Surat Utang Negara Amidst Volatile Markets

Selain itu, ketersediaan rice cooker juga dijamin oleh sejumlah produsen yang akan ikut dalam pengadaan. Beberapa produsen yang sudah terkonfirmasi antara lain Sanken, Polytron, dan Cosmos.

Dengan demikian, masyarakat yang memenuhi syarat dapat segera mengajukan permohonan rice cooker gratis. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki Kartu Keluarga (KK)
  • Belum memiliki rice cooker listrik
  • Berpenghasilan di bawah Rp 4 juta per bulan

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs web Kementerian ESDM. Masyarakat juga dapat mendaftar melalui kantor desa atau kelurahan setempat.

Program pembagian rice cooker gratis ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong transisi energi bersih. Dengan menggunakan rice cooker listrik, masyarakat dapat mengurangi penggunaan LPG 3 kilogram yang merupakan bahan bakar fosil. (tia)

MIXADVERT JASAPRO