IPA Convex ke-48: Momentum Kebangkitan Industri Migas Butuh Solusi Kebijakan

jagatbisnis.com – JAKARTA, 7 Mei 2024 – Indonesian Petroleum Association (IPA) kembali menggelar Konvensi dan Pameran IPA ke-48 2024 dengan tema “Gaining Momentum to Advance Sustainable Energy Security in Indonesia and the Region”. Acara akan berlangsung pada 14-16 Mei 2024 di ICE BSD City, Tangerang.

 

Momentum Kebangkitan Industri Migas

Direktur IPA, Greg Holman, mengatakan bahwa tema Convex tahun ini menggambarkan peran penting industri hulu migas di Indonesia dalam memastikan ketersediaan energi (energy security) di era transisi energi dan potensi Indonesia terhadap negara lain di kawasan regional.  “Indonesia saat ini tengah mengalami momentum kebangkitan dengan penemuan-penemuan sumber daya gas raksasa akhir tahun lalu, sehingga memicu harapan atas peningkatan produksi migas dan ketahanan energi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi global,” ujar beliau saat Press Conference Road to IPA Convex 2024, Selasa (7/5) di Jakarta.

Baca Juga :   Tambahan Cadangan Migas Sebesar 495 Juta Barel Setara Minyak Meningkatkan Harapan Energi Nasional

Menurut dia, momentum ini harus dimanfaatkan untuk kembali menarik investasi migas ke Indonesia. Pemerintah juga kian agresif mendukung pengembangan proyek CCS/CCUS di Indonesia dengan mengeluarkan regulasi terkait CCS/CCUS. “Dukungan pemerintah di CCS/CCUS di Indonesia membuka peluang bisnis baru di bidang CCS/CCUS dan menjadikan Indonesia sebagai CCS Hub di Asia,” tegasnya.

 

IPA Convex 2024: Wadah Diskusi dan Solusi

IPA Convex 2024 mengundang pemangku kepentingan sektor migas, praktisi industri dan berbagai pihak untuk berdiskusi lintas isu. Konvensi ini diharapkan menghasilkan masukan bagi pemerintah dalam memaksimalkan sektor migas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mencapai trilema energi sekaligus memenuhi target pengurangan emisi karbon.

Baca Juga :   5 Blok Migas Sepi Peminat, ESDM Dorong Skema Joint Study Gaet Investor

 

Ketua Panitia IPA Convex 2024, Krishna Ismaputra mengatakan IPA Convex akan dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif dan akan menyajikan hal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dapat dinikmati masyarakat dari berbagai kalangan seperti Run & Walk Road to IPA Convex 2024, program Youth @IPA Convex, Pameran Fossil x Digitalization, Technology Session tentang teknologi pengurangan karbon dan berbagai Plenary dan Special Session.

 

Krishna menyebutkan, IPA Convex 2024 juga berupaya memberikan edukasi dan awareness kepada generasi muda melalui Youth Program. Beberapa program antara lain IPA Goes to Campus saat pre event, Students Meet CEOs dan Students Meet IPA Board pada acara IPA Convex 2024 digelar untuk menginspirasi generasi muda berpartisipasi dalam industri migas nasional dan global.

Baca Juga :   BUMN Migas Uni Emirat Arab Temukan Cadangan Gas Raksasa di Indonesia

 

Bekerja sama dengan Dyandra Promosindo, IPA Convex 2024 didukung penuh oleh para sponsor dari perusahaan migas nasional dan internasional seperti: PT Pertamina Hulu Energi sebagai sponsor Titanium;  bp Indonesia, Energi Mega Persada Group, ExxonMobil Indonesia, MedcoEnergi, Mubadala Energy dan Wood Mackenzie sebagai sponsor Platinum; ADES, PETRONAS Indonesia, dan SLB sebagai sponsor Gold; serta COSL, Harbour Energy, INPEX, dan SINOPEC sebagai sponsor Silver.

 

“Harapan kami, IPA Convex 2024 menjadi platform penting bagi para pemangku kepentingan, pelaku industri dan masyarakat luas untuk lebih memahami peran penting industri migas dalam menjaga ketahanan energi Indonesia dan lingkungan dengan upaya mengurangi emisi karbon,” tutup Khrisna. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO