Berita  

Rusia dan Cina Siap Menerapkan Kebijakan Bebas Visa

Visa

JagatBisnis.comPenghapusan persyaratan visa antara Rusia dan China untuk para turis Rusia yang ingin berkunjung ke Cina. Sebelumnya, kesepakatan bebas visa ini sudah ditandatangani pada tahun 2000, tetapi ditangguhkan pada tahun 2020 akibat pandemi COVID-19. Pada bulan ini, kedua negara kembali mengaktifkan kesepakatan tersebut, memungkinkan biro perjalanan wisata membawa kelompok turis tanpa perlu mendapatkan visa terlebih dahulu.

Baca Juga :   Jaringan Mata-mata Rusia Diusir Pemerintah Australia

Pemberlakuan kembali kesepakatan bebas visa ini akan memberikan dorongan bagi sektor pariwisata di kedua negara, serta memudahkan akses bagi warga Rusia yang ingin berkunjung ke Cina dan sebaliknya. Namun, dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa sejumlah masalah keamanan dan migrasi perlu diselesaikan terlebih dahulu, terutama di wilayah Far East Rusia, sebelum kesepakatan ini benar-benar diterapkan.

Selain kesepakatan bebas visa dengan China, Rusia juga telah menjalin kesepakatan serupa dengan Iran dan mengajukan proposal serupa kepada India. Selain itu, pada tanggal 1 Agustus 2023, Rusia juga menerapkan skema visa elektronik yang memungkinkan warga negara asing dari 55 negara untuk mendapatkan visa elektronik dengan masa berlaku 60 hari.

Baca Juga :   Rusia Sebut Tak Ada Gencatan Senjata di Ukraina saat Natal

(tia)

MIXADVERT JASAPRO