Ekbis  

Inovasi Digitalisasi MIND ID Mendorong Smart Mining Menuju Era Revolusi 4.0

Jagatbisnis.com – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID telah mengambil langkah maju dengan mendukung penuh smart mining melalui sejumlah inisiatif digitalisasi.

Tidak hanya menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, inisiatif digitalisasi ini juga membuktikan bahwa kinerjanya semakin efektif dan efisien.

Dilansir KabarBUMN.com dari mind.id, sepanjang tahun 2022, anggota MIND ID telah sukses melaksanakan berbagai inisiatif digitalisasi.

Salah satunya adalah proyek Paperless Data and Central Database dari ANTAM.

Dimana dari proyek ini telah tercipta software untuk mengisi data operasi dari komputer satuan-satuan kerja.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi aktivitas peng-input-an data, menghindari duplikasi penginputan, serta memastikan data operasi tercatat dengan baik dalam sentral database yang memiliki ketentuan pengaksesan data.

Baca Juga :   Erick Thohir Bongkar Permasalahan Kelangkaan Kedelai di Tanah Air

Perusahaan-perusahaan anggota MIND ID lainnya, seperti PTBA, INALUM, dan PT Timah Tbk juga turut berkontribusi dengan proyek-proyek digitalisasi tersebut.

PTBA menghadirkan aplikasi SIB dan SIM DLT untuk mengurus izin bekerja dan penggunaan alat berat di lokasi tambang.

INALUM mengembangkan digitalisasi sistem Human Capital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan SDM.

Sementara PT Timah Tbk memiliki aplikasi START yang berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan melacak dokumen elektronik.

Salah satu inovasi menarik lainnya adalah uji coba Aplikasi Geologging, yang merupakan aplikasi digital data capturing dengan teknologi dan machine learning untuk kegiatan eksplorasi.

Baca Juga :   Program Makmur, Genjot Kontribusi Industri Kopi Nasional

Uji coba ini telah berhasil dilakukan oleh MIND ID bekerja sama dengan ANTAM di kegiatan eksplorasi Unit Bisnis Pertambangan Emas di Jawa Barat.

Aplikasi Geologging ini memiliki tiga fitur unggulan, yaitu Safety Inspection, Proses Pengeboran, dan Foto Core yang dilengkapi AI.

Diharapkan aplikasi ini akan menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan optimalisasi aktivitas eksplorasi Grup MIND ID.

Mengenai keamanan siber dan privasi data, MIND ID juga telah mengambil langkah serius untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Dengan mendapatkan sertifikat ISO 27001 untuk Information Security Management Systems (ISMS), MIND ID dan seluruh anggotanya telah membuktikan komitmennya dalam melindungi keamanan siber dan privasi data.

Baca Juga :   Damri Siapkan 105 Bus untuk Mudik Gratis Lebaran 2022

Dengan melakukan audit keamanan atau vulnerability assessment (tes penetrasi) secara internal dan eksternal pada sistem perusahaan, produk, dan data pengguna, MIND ID berhasil membuktikan bahwa pada tahun 2022 tidak ada serangan siber atau pelanggaran privasi yang terjadi pada seluruh anggotanya.

Inisiatif-inisiatif ini menunjukkan komitmen BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID dalam menghadirkan smart mining yang efisien, efektif, dan aman dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0.

Dengan terus berinovasi dan mengintegrasikan teknologi canggih, MIND ID memastikan masa depan pertambangan Indonesia semakin cerah dan berkelanjutan. (Srv)

 

MIXADVERT JASAPRO