Berita  

Rusia Serbu Gudang Gandum Ukraina, Ancam Kebutuhan Makanan Dunia!

Serangan Rudal Ke Gudang Gandum Foto Suara.com

JagatBisnis.comEskalasi konflik antara Rusia dan Ukraina yang berdampak pada sektor pertanian dan ekspor biji-bijian Ukraina, serta dampaknya pada harga pangan global. Pada tanggal 2 Agustus 2023, Rusia menyerang pelabuhan utama Ukraina di Sungai Danube di Izmail, wilayah Odesa. Serangan ini menyebabkan kerusakan pada gudang biji-bijian, yang merupakan bagian penting dari pasokan biji-bijian global, dan menyebabkan kekhawatiran tentang kelancaran ekspor biji-bijian dari Ukraina.

Baca Juga :   Pakistan Akan Beli Minyak Rusia Pakai Mata Uang Yuan

Gudang biji-bijian rusak di pelabuhan Danube Izmail di dekat Rumania, anggota NATO, yang telah menjadi rute alternatif utama keluar dari Ukraina untuk ekspor biji-bijian setelah pelabuhan Laut Hitam Ukraina diblokade oleh Rusia pada pertengahan Juli.

Para pejabat Ukraina menyatakan bahwa biji-bijian Ukraina berpotensi memberi makan jutaan orang di seluruh dunia. Dampak dari serangan ini juga menyebabkan lonjakan harga pangan global karena khawatir akan pasokan biji-bijian yang terganggu dari salah satu eksportir terbesar di dunia.

Baca Juga :   Kostyantynivka Dihujani Rudal Rusia, 6 Orang Tewas

Konflik ini telah berlangsung selama beberapa minggu, dengan Rusia secara terus-menerus menyerang infrastruktur pertanian dan pelabuhan di Ukraina sebagai bentuk pembalasan atas serangan yang dilakukan oleh Ukraina. PBB telah memperingatkan potensi krisis pangan dan kelaparan di negara-negara termiskin di dunia sebagai akibat dari pembatalan kesepakatan biji-bijian oleh Rusia.

Baca Juga :   Anggota DPR AS: Sebagian Besar Bantuan untuk Ukraina, Penipuan

Presiden Vladimir Putin dari Rusia telah berbicara dengan Presiden Turki, Tayyip Erdogan, tentang kesepakatan ekspor biji-bijian. Rusia menegaskan syarat untuk bergabung kembali dengan kesepakatan tersebut, termasuk implementasi kesepakatan paralel yang meningkatkan ketentuan untuk ekspor makanan dan pupuk Rusia sendiri.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO